RMco.id  Rakyat Merdeka - Partai-partai politik membidik suara pemilih dari pedesaan. Berbagai cara akan dilakukan untuk merebutnya, demi menjadi pemenang di Pemilu 2024. Partai Nasional Demokrat (NasDem) misalnya, bergegas membentuk struktur kepengurusan partai hingga tingkat desa atau kelurahan.

Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (Wasekjen DPP) Partai NasDem Bidang Ideologi Organisasi dan Keanggotaan, Deny Ramanta mengatakan, hal tersebut telah diinstruksikan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dalam setiap kesempatan. Sebab, 2021 dicanangkan sebagai tahun kerja bagi seluruh pengurus partai.

“Kita targetkan di pertengahan Mei 2021 seluruh wilayah sudah dalam posisi sempurna. Baik strukturnya, Kartu Tanda Anggota (KTA), keanggotaan sampai di tingkat desa. Kita tahu, desa merupakan ujung tombak partai,” ujarnya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca Juga : Bu Mega, Banteng Begini Sih Sikat Saja

Dalam catatannya, ada 8.490 kelurahan dan 74.957 desa yang menjadi sasaran NasDem. Jika program kepengurusan berjalan baik, suara partai akan terdongkrak. “Kita juga mau rekrut anggota pada angka 10 sampai 12 juta. Jadi suara partai yang sekarang mau didorong untuk ber-KTA,” katanya.

Diungkapkan, kenaikan perolehan suara Partai NasDem dari Pemilu 2014 hingga 2019 karena sistem rekrutmen dan KTA anggota berjalan dengan baik. Pada Pemilu 2014, NasDem hanya meraih 8.402.812 suara (6,72 persen). Sedangkan pada Pemilu 2019 naik menjadi 12.661.792 suara (9,05 persen).

Perolehan suara partai meningkat 4.258.980 suara atau naik 2,33 persen. Pada Pemilu 2024, ditargetkan bisa menembus angka 15 hingga 20 persen suara. “Untuk menembus angka tersebut, harus ada sistem kerja ekstra keras dari seluruh kader, simpatisan dan pengurus Partai NasDem dari tingkat pusat mau- pun daerah,” ujar Deny.

Baca Juga : Menkes: Kalau Bocor, Ya Kita Tambal Atapnya Dong

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dalam berbagai agenda partai selalu mengungkapkan target sebagai juara di Pemilu 2024. Bahkan, pada Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Partai NasDem, di Hotel The Rinra, Makassar, akhir Januari 2020, Paloh memerintahkan semua kader bergerak. “Saya ingin target kita menjadi nomor satu,” katanya.

Tak ketinggalan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga menyasar suara pemilih dari pedesaan melalui badan otonomnya, Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan Indonesia (Gerbang Tani).

Ketua Umum Gerbang Tani, Idham Arsyad mengatakan, barisannya siap mengamankan suara dan mendongkrak elektabilitas partai di tingkat pedesaan. “Seperti Gerbang Tani, untuk petani dan nelayan di pedesaan,” ujarnya.

Baca Juga : Yuk, Rame-rame Kita Nonton Jokowi Disuntik

Idham menjelaskan, optimisme Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar terhadap target pada Pemilu 2024 itu sangat rasional dan memiliki basis data empiris. Faktanya, PKB di Pemilu 2019 finish di peringkat keempat dengan raihan 13.570.097 pemilih atau setara 9,69 persen suara nasional.

Sejarah pun mencatat, PKB di bawah komando Cak Imin-sapaan akrab Muhaimin Iskandar terus mengalami peningkatan. PKB bisa naik dari Pemilu 2009 yang finish di peringkat ketujuh dengan 4,94 persen suara nasional, kemudian naik di Pemilu 2014 dengan 9,04 persen. [REN/BHS]