Jokowi Ingatkan Soal Kecepatan Dalam Melayani Warga

Capres 01 dalam acara Debat Capres Jilid 4 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3). (Foto: Antara)
Klik untuk perbesar
Capres 01 dalam acara Debat Capres Jilid 4 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3). (Foto: Antara)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo menegaskan, kecepatan adalah hak utama yang harus diperhatikan dalam melayani masyarakat. Menurutnya, hal tersebut bisa dipenuhi dengan dukungan teknologi.

"Untuk itu, diperlukan reformasi dalam bidang pelayanan, lewat layanan yang berbasis elektronik seperti e-government, e-procurement, e-budgeting. Ini penting untuk menyiapkan era digital ke depan," kata Jokowi, saat menjawab pertanyaan tema pemerintahan dalam Debat Capres Pemilu 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3).

Baca Juga : Yuk Intip Teknologi Baru di Kantah Kota Administrasi Jakarta Barat

Selain itu, penyederhanaan dan penajaman kelembagaan juga diperlukan. Menurutnya, lembaga yang tidak diperlukan dapat dipotong.

Selama pemerintahannya, Jokowi telah membubarkan 23 lembaga. Tujuannya, menjadikan pemerintahan lebih ramping, lincah dan cepat memutuskan kebijakan. "Peningkatan terhadap SDM Aparatur Sipil Negara juga akan terus dilakukan," kata Jokowi.

Baca Juga : Ginandjar Bicara Corona dan Penguatan Kerjasama

"Selain itu, kita juga melakukan yang namanya reformasi tata kelola. Manajemen semuanya harus disimpelkan, disederhanakan, tidak bertele-tele, lembaga-lembaga yang tidak perlu saya kira perlu kita bubarkan," imbuh mantan Walikota Solo itu.

Ke depan, pemerintah akan mengimplementasikan "Dilan" atau pemerintahan yang "Digital Melayani".

Baca Juga : Menakar Target Lifting 1 Juta Barel pada 2030

Debat Pilpres 2019 Jilid 4 ini mengangkat tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan serta hubungan internasional. [HES]