Orasi Politik Di Arena BDL Surabaya

Emil dan Soekarwo Ajak Kader Demokrat Menangkan Pemilu

Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo. (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo. (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Wagub Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak dan mantan Gubernur Jatim Soekarwo ajak kader Partai Demokrat menangkan Pemilu 2019. Demikian orasi politik Emil dan Soekarwo di Arena DBL, Surabaya, kemarin.

Kader partai berlambang bintang mercy memadati arena dengan meneriakkan yel-yel kemenangan Pemilu 17 April 2019. Emil tampil lebih dulu. Mantan Bupati Trenggalek ini membakar semangat kader Demokrat dan mengajak untuk tetap optimis meraih kejayaan partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). "Semuanya semangat? Optimis? Yakin?" tanya Emil dijawab teriakan serempak penuh semangat para kader Demokrat.

"Harus yakin, karena kita melihat bahwa perjuangan panjenengan (kalian) semuanya selama berbulan-bulan ini Insya Allah akan membawa hasil menggembirakan," sambung Emil.

Emil menceritakan, sukses Demokrat mengantar SBY menjadi Presiden RI dua periode 2004-2009 dan 2009-20014. “Ada pemimpin lahir di Pacitan, besar di Pacitan dan menapaki tangga yang hampir tidak mungkin, menjadi pemimpin terbesar Republik Indonesia. Siapa namanya? Siapa namanya?" tanya Emil dijawab serempak "SBY!"

Berita Terkait : Terpilih Jadi Ketua DPD Golkar Jabar, Ade Ajak Kader Besarkan Partai

Menurut Emil, sukses Demokrat tidak hanya mengantar SBY sebagai Presiden, tapi mengantarkan Soekarwo menjadi Gubernur Jatim dua periode. Demokrat juga sukses mengantarkan Emil menjadi wagub mendampingi Gubernur Khofifah Indar Parawansa. "Sekian banyak optimisme yang lahir dari perjuangan dan keputusan mulia, maka jangan sampai dalam sisa watu hanya sekian hari, semangat kita kendor, setuju?" tegasnya.

"Jangan sampai ada yang berani menakuti-nakuti atau berani melemahkan karena kenyataannya bahwa panji partai ini masih berkibar di seluruh Jatim bahkan seluruh Indonesia," ucap Emil.

Ketua DPD Demokrat Jatim Soekarwo juga menyampaikan pidato penuh optimisme. Memompa semangat para kader. Bahkan, Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo memulai pidatonya dengan yel-yel perjuangan. "Demokrat! Demokrat! Demokrat!," teriak Pakde Karwo disambut teriakan: Siap! Siap! Siap! "Di depan, saya berdiri bukan karena setan! Tapi adalah militansi kader Jatim yang luar biasa," tegas Pakde Karwo.

Dia juga mengajak seluruh kader tersenyum dan gembira menatap 17 April 2019. "Karena (kita) yakin hari depan partai, 2019 akan lebih baik dari sebelumnya. 2019 menang, 2019 menang! Yang membikin menang kita, semangat dan yakin untuk menang," katanya.

Baca Juga : Ma`ruf Cuekin Maunya Ulama

Pakde Karwo juga menyatakan, kader Demokrat telah turun ke tengah masyarakat untuk menyapa rakyat. Hasilnya, disimpulkan bahwa rakyat hanya ingin hidup aman, nyaman, harmoni dan tidak ribut. “Kita hidup dalam kebhinnekaan. Tapi rakyat tahu kebhinnekaan itu sunatullah," ujarnya.

Dia menyinggung politik dikembangkan Ketua Umum Demokrat SBY yakni cerdas, santun dan religius. SBY, lanjutnya, selalu meletakkan kepentingan nasional sebagai yang utama. "Bagaimana Pak SBY meletakkan kepentingan nasional secara santun dan religius. Ini luar biasa," katanya.

Di tempat sama, Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak kader memenangkan Pemilu 2019. Jika menang, Demokrat bisa masuk arena Pilpres 2024. “Jika kita ingin bertarung pada Pemilu 2024, maka kita harus menang Pemilu 2019 dengan gemilang. Siap memenangkan Pemilu 2019? Siap bertarung pada Pemilu 2024," kata AHY.

Putra sulung mantan Presiden SBY ini mengatakan, sistem pemilu tahun ini hanya mengatrol suara elektoral partai yang punya kader yang maju sebagai calon presiden. Partai lain, kata AHY, kurang menikmati efek elektoral capres. Namun AHY tetap optimistis, Demokrat mampu mengembalikan masa kejayaan seperti Pemilu 2004 dan 2009.

Baca Juga : Tandatangani Ikrar Kebangsaan, Freeport Harus Bangun Papua Berdasarkan Prinsip Keadilan

Menurutnya, dalam setiap kunjungannya ke daerah, sambutan masyarakat selalu luar biasa. "Hanya dengan kerja keras kita mampu memenangkan Pileg. Hasil tak pernah mengkhianati usaha," kata AHY.

Pidato politik AHY meliputi tiga poin. Yakni komitmen Demokrat meredam polarisasi, ajakan merekatkan kembali persaudaraan pascapemilu dan harapan Demokrat menatap masa depan NKRI. Sejumlah tokoh teras Demokrat hadir dalam kampanye terbuka itu. Mereka antara lain Syarief Hasan, Amir Syamsuddin, Andy Mallarangeng dan Nachrowi Ramli. [EDY]