Yusril Pastikan PBB Dukung Jokowi-Ma’ruf

Klik untuk perbesar
Presiden Joko Widodo bertemu kawan lama, Yusril Ihza Mahendra di Istana Bogor, kemarin siang. (Foto: Twitter @Joko Widodo)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Yusril Ihza Mahendra terus menunjukkan kedekatannya dengan penguasa. Kemarin, Yusril ketemu Jokowi dan salat Jumat bareng di Istana Bogor. PBB tinggal ketuk palu dukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

Mengenakan setelan jas lengkap dengan dasi merah, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) ini diterima di ruang kerja presiden sekitar pukul 11.25 WIB. Pertemuan itu hanya bertiga; Jokowi, Yusril dan Menteri Sekretaris Negara M. Pratikno. Saat akan salat Jumat, Yusril bersama Jokowi dan Pratikno menaiki mobil golf untuk menuju masjid. Mereka salat di Masjid Baitussalam di Kompleks Istana Bogor. Usai salat, keduanya pun memberikan keterangan pers. Wajah keduanya tampak sumringah. Senyum dan tawa kecil, sesekali keluar dari mulut masing-masing.

Jokowi yang bicara lebih dulu menyebut, Yusril adalah sahabat lama. Sejak jadi Wali Kota Solo hingga Gubernur DKI, hubungannya pertemanan terus terjaga. “Saya pernah ke rumah Prof Yusril. Jadi menurut saya, saya dengan beliau ini kawan dan sahabat yang akrab dan baik,” kata Jokowi.
Pujian yang sama juga dis¬ampaikan Yusril. Pakar hukum tata negara ini mengaku bersa¬habat dengan Jokowi. Dia tak menampik, kalau selama ini beberapa kali pernah mengkritik Jokowi. Tapi, dia menolak kalau itu disebut berseberangan.

Baca Juga : Lahirkan Human Champions di Era Industri Aviasi 4.0, AP II Gandeng BPSDM Kemenhub

“Jadi tidak seperti yang dikemukakan dalam banyak media sosial yang seolah-olah dibuat antagonis seperti itu, akan tetapi kenyataannya tidak demikian. Kami dengan Pak Jokowi ini baik-baik saja, ketawa-ketawa saja,” papar Yusril.

Dia pun memastikan, selama ini sikapnya tidak berseberangan dengan Jokowi. “Pak Jokowi pasti paham bahwa kadang-kadang ada kritik disampaikan, akan tetapi semua itu dengan niat yang baik, kritik yang konstruktif ya, bukan asal kritik tanpa alasan karena niatnya baik,’ jelasnya Yusril.

Berarti dukung Jokowi-Ma’ruf? “Insya Allah, kan sudah sama-sama. Tapi (pernyataan dukungan) itu nanti Januari akan ke sana arahnya,” jawab Yusril.

Baca Juga : Zidane Siapkan Senjata Rahasia Stop Messi

Kata Yusril, internal partainya sudah bisa memahami keputu¬san yang diambilnya. Bahkan, mayoritas pimpinan daerah akan mengikuti arahan yang dia¬manatkan oleh ketum dan DPP PBB. Tidak ada lagi perbedaan pendapat yang pernah terjadi pasca Yusril menjadi pengacara Jokowi-Maruf.

“Dinamika itu sudah biasa. Tapi sekarang semuanya sudah kompak satu suara,” ujarnya. Namun, eks menteri kehakiman ini enggan terburu-buru melakukan deklarasi. Sekarang semua persiapan sedang digodok. Nantinya pernyataan resmi akan dilakukan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pada Januari 2019.

“Rakornas merupakan hasil dari pertemuan-pertemuan yang dilakukan sebelumnya. Sampai srkarang saya sudah keliling hampir seluruh wilayah Indonesia,” terangnya.

Baca Juga : Yang Muda, Yang Taklukkan Dunia

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Presiden PBB, Sukmo Harsono menuturkan, mayoritas anggotanya menerima keputusan yang diambil DPP PBB. Ketua wilayah siap menjalankan per¬intah dan mendukung setiap keputusan DPP.“ Untuk menyikapi hal tersebut. Sesuai arahan ketum dan sekjen, saya akan segara komunikasi lebih lanjut dengan pengurus wilayah dan cabang,” ujarnya.[HEN]