TKN: BPN Manipulasi Data Real Count Provinsi Riau

Wakil Direktur Saksi TKN, Lukman EDy (Foto: BreakingNews.co)
Klik untuk perbesar
Wakil Direktur Saksi TKN, Lukman EDy (Foto: BreakingNews.co)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf  merilis data penghitungan suara sementara di Provinsi Riau dan Bangka Belitung. Pasangan Jokowi-Ma’ruf  tercatat menang telak di Bangka Belitung, namun tertinggal di Riau.

Terkait hal ini, Wakil Direktur Saksi TKN Lukman Edy menyoroti masih adanya indikasi kecurangan dalam penghitungan suara yang dilakukan BPN Prabowo-Sandi di Riau, sehingga  menghasilkan keunggulan suara yang terlalu jauh dengan Jokowi-Ma’ruf. Berdasarkan temuan tim di lapangan, BPN Prabowo-Sandi hanya mengumpulkan data dari 145 dari 17.636 TPS di Riau.

Baca Juga : Kantor Yasonna Tak Batalkan SK KNPI Noer Fajrieansyah

"Kami hormati keunggulan paslon 02 di Riau, sembari kita menunggu hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Karena ini merupakan aspirasi masyarakat, yang harus kita utamakan. BPN seharusnya berlaku jujur dalam penghitungan suara internalnya. Jangan memanipulasi data seperti ini," tegas Lukman Edy, di Posko Cemara, Jakarta, Selasa (23/4).  

TKN juga menemukan sejumlah indikasi kecurangan dalam pelaksanaan pilpres di Riau. Seperti ditemukannya oknum yang melakukan pencoblosan 20 surat suara di salah satu TPS di Kabupaten Kampar, Riau. Kemudian, adanya oknum-oknum yang menggunakan hak suara, tetapi tidak memenuhi syarat untuk mencoblos. Sehingga, menyebabkan terjadinya pemilihan ulang di sejumlah TPS di Riau.

Baca Juga : Ucapkan Selamat Imlek, Jokowi Berharap Kita Semua Makin Sejahtera

Karena itu, TKN mendorong KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menindak tegas para pelaku kecurangan. Sehingga, pemilu dapat berjalan lancar dan sesuai asas langsung, bebas, jujur, dan rahasia.  Selain itu, TKN juga meminta KPU menjamin ketersediaan surat suara di sejumlah TPS di Riau, yang melakukan pemilu lanjutan.

Pada kesempatan yang sama, TKN juga menyampaikan penghitungan suara sementara di Bangka Belitung. "Keunggulan telak Jokowi-Amin di Bangka Belitung menjadi bukti nyata masih tingginya kepercayaan rakyat terhadap petahana. Program Jokowi baik yang baru maupun yang telah berjalan, mampu menyentuh dan membangun harapan di hati rakyat," ujar Direktur Konten TKN Fiki Satari.  

Baca Juga : Virus Korona Makin Mewabah, Starbucks Tutup Layanan di Hubei

Sejumlah program yang mendapat apresiasi warga Bangka Belitung, antara lain legalisasi tambang rakyat, sertipikat tanah gratis, dan kebijakan anti-korupsi yang telah dijalankan oleh Jokowi. Ke depan, program-program tersebut akan tetap bergulir, dan akan dilengkapi dengan sejumlah program baru untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik. [HES]