Dapil IX DPR Jabar

1 Kursi Petahana Jadi Rebutan Caleg Baru

Maman Imanul Haq (kiri) caleg dari PDIP, OO Sutisna (tengah), caleg dari partai Gerindra dan Linda Megawati (kanan) dari Partai Demokrat.
Klik untuk perbesar
Maman Imanul Haq (kiri) caleg dari PDIP, OO Sutisna (tengah), caleg dari partai Gerindra dan Linda Megawati (kanan) dari Partai Demokrat.

RMco.id  Rakyat Merdeka - Daerah pemilihan (Dapil) IX Jawa Barat (Jabar) jadi arenanya petahana atau incumbent. Dari 8 petahana, tujuh di antaranya maju lagi. Tensi tinggi justru terjadi untuk memperebutkan satu kursi ditinggalkan petahana, Maruarar Sirait. Kursi ini jadi rebutan caleg baru. Ada 112 caleg dari 16 parpol bakal tarung untuk berebut 8 kursi DPR di Dapil yang meliputi Kabupaten Subang, Majalengka dan Sumedang ini. 

Berita Terkait : Kinerja Moncer, BTN Optimis Raup Laba Rp 3 Triliun

Di antara ratusan caleg, 7 caleg potensial bakal menang mudah karena berpredikat incumbent. Satu-satunya petahana yang tak maju lagi adalah Maruarar Sirait. Saat ini, Ara, sapaan akrab politisi PDIP ini pindah ke Dapil III Jabar. PKB kembali mencalonkan petahana Maman Imanul Haq dengan nomor urut 1. Saat Pileg 2014, Maman terpilih menjadi anggota DPR. Lalu, Maman di PAW karena mencalonkan Bupati Majalengka. Di dapil ini Maman tidak sendirian. Dia ditemani Lilis Santika. Wanita kelahiran 1966 ini merupakan pengganti Maman di DPR pada Maret 2018.

Baca Juga : Negara Pancasila (1)

Partai Gerindra munculkan petahana, OO Sutisna. Kekuatannya tidak bisa diremehkan. Anggota Komisi IV DPR ini punya basis kuat, khususnya dari kalangan petani di lingkar Sumedang dan Subang. Tak mau kalah. Partai Golkar Devianti. Saat ini, Venni anggota Komisi 1 DPR.  Tongkrongan PKS tidak kalah seram. Partai ini kembali menurunkan petahana, Nurhasan Zaidi di nomor urut wahid.

Baca Juga : Jakarta Diminta Nyontek Singapura dan Tokyo

Nurhasan ditemani Ridho Budiman Utama. Ridho adalah salah satu politisi daerah yang coba naik kelas ke tingkat DPR. Saat ini, Ridho sebagai anggota DPRD Provinsi Jabar.  Partai Demokrat juga menurunkan incumbent, Linda Megawati. Dia terpilih di Pileg 2014 dan saat ini tercatat sebagai anggota Komisi VIII DPR. 
 Selanjutnya