Dapil I Provinsi Jawa Tengah

PKB Usung Putra Kiai, PPP Usung Senator

Klik untuk perbesar
Akhmad Muqowam, caleg dari PPP (kiri) dan Tuty N Roosdiono , caleg dari PDIP (kanan)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Daerah Pemilihan I Jawa Tengah jadi ajang petahana atau incumbent mempertahankan kursi. Tapi, salah satu senator atau Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) anggap biasa saja lawan petahana.

Berdasarkan data KPU, Dapil I Jawa Tengah (Jateng) diikuti 102 caleg. Mereka akan memperebutkan 8 kursi DPR. Di antara ratusan caleg, ada 7 petahana atau incumbent maju lagi di dapil dengan cakupan Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Kota Salatiga, dan Kabupaten Kendal ini.

Satu-satunya petahana tidak muncul lagi di dapil ini adalah politisi Partai Demokrat, Agus Hermanto. Dalam pileg ini dia tidak mencalonkan diri. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mencalonkan caleg petahana Alamudin Dimyati Rois dengan nomor urut 1. Saat Pileg 2014, putra KH Dimyati Rois ini, berhasil merebut 82.221 suara.

Partai Gerindra juga menjagokan petahana yang juga artis dan penyanyi Jamal Mirdad. Mantan suami artis Lyidia Kandou ini mendapatkan nomor urut 2. PDI Perjuangan pun tak kalah garang. Dua petahana kembali dijagokan untuk merebut kursi DPR. Yakni Juliari P Batubara dan Tuty N Roosdiono. Juliari dapat nomor urut 1 dan Tuty nomor urut 2.

Partai Golkar juga menurunkan petahana, Mujib Rohmat. Saat ini, Mujib adalah anggota Komisi X DPR. Partai Nasdem kembali jual petahana Fadholi. Sementara, PANmendapuk incumbent sekaligus mantan atlet tenis, Yayuk Basuki.
 Selanjutnya 

RM Video