Rekonsiliasi Usai Pilpres

Berkarya Serahkan Pada Kedua Tokoh

Klik untuk perbesar
Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso (tengah). (Foto: Istimewa).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Jokowi dan Prabowo Subianto belum juga bertemu. Padahal agenda rekonsiliasi diharapkan berjalan. Salah satu partai pengusung Prabowo di Pilpres 2019 yaitu Partai Berkarya yakin pertemuan akan terjadi.

Memang sampai saat ini belum soal waktu masih menjadi teka teki. Tapi pihaknya yakin pertemuan akan terlaksana, Jokowi maupun Prabowo membuka diri.

“Soal pertemuan antara Pak Jokowi dan Pak Prabowo, saya meyakini kedua pemimpin tersebut pada akhirnya akan bertemu, waktunya biarlah kedua beliau ini yang akan menentukan, siapa yang mendahului, siapa yang akan menyapa dan siapa yang akan menyambut,” kata Sekjen Partai Berkarya, Priyo Budi Santoso, di Banten, kemarin.

Berita Terkait : Gerindra Akan Tawarkan Konsep Dukung Pemerintah Atau Oposisi

Priyo juga pernah berbincang dengan Prabowo. Keinginan untuk bertemu dengan Jokowi sangatlah besar. Namun demikian, dia tidak mengetahui apakah salah satu agendanya adalah membawa Partai Gerindra menjadi mitra pemerintah.


“Apakah pertemuan kedua pemimpin tersebut akan berujung pada untuk bersatu padu dalam sebuah kekuasaan atau tidak. Ialah pertemuan biasa tapi masing-masing tetap pada keputusan membangun demokrasi ya itu yang kita tidak pernah memprediksi,” tuturnya.

Mantan Wakil Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi itu juga mempunyai harapan pertemuan itu dapat terwujud. Para pendukung kedua belah pihak masih berseteru terasa seperti suasana kampanye.

Berita Terkait : Amien Politisi Apa Makelar

Sehingga keadaan ini harus segera dicairkan dari keduanya. “Saya termasuk yang berharap semoga suasana kepolitikan ke depan itu bisa segera cair dan luka-luka politik yang sudah ada ini kalau pendekatan elite mungkin sudah hal biasa tapi di tataran masyarakat bawah ini masih perlu waktu untuk bisa disembuhkan, untuk itu perlu energi bersama,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Sekjen Gerindra Andre Rosiade membeberkan tentang pertemuan Jokowi dengan Prabowo. Bulan Juli menjadi ajang keduanya silaturahmi. Andre juga berharap dari pertemuan itu dapat menurunkan tensi politik.

“Prabowo akan bertemu dengan Jokowi Insya Allah bulan Juli ini, dalam pertemuan itu kita berharap seluruh polarisasi itu bisa turun, tensi bisa turun antara pendukung,” kata Andre.  [MHS]