Pagi Ini, MK Gelar Sidang Perdana Gugatan Pileg 2019

Klik untuk perbesar

RMco.id  Rakyat Merdeka - Sidang perdana gugatan sengketa Pileg 2019 dimulai, hari ini oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Sidang perdana tersebut, beragendakan pemeriksaan pendahuluan yang meliputi memeriksa kelengkapan dan kejelasan materi permohonan serta pengesahan alat bukti. 

“Sidang Pileg akan digelar menjadi 3 panel yang terbagi terpisah. Panel pertama diagendakan mulai pukul 08.00 WIB. Dan ada panel yang mulai jam 09.00," kata Juru bicara MK Fajar Laksono, Selasa (9/7).

Berita Terkait : Tercepat dan Inovatif, Kemendes Gondol Penghargaan IDIA 2019


Ada beberapa sidang yang akan digelar hari ini, yakni Perselisihan Hasil Pemilihan Umum DPR-DPRD Provinsi Jawa Timur (Jatim) 2019 yang diajukan oleh beberapa partai politik.

Yaitu Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Demokrat, PDIP dan lainnya. 

Berita Terkait : AS Roma Menang Perdana, Milan Tekuk Verona

Selain Jawa Timur, perselisihan hasil pemilihan umum Jawa Barat, Malut, Aceh dan Papua juga disidangkan hari ini di Medan Merdeka Barat.  Diketahui, MK telah melakukan proses registrasi gugatan pileg. Dari total 340 gugatan hanya 260 perkara yang  akan disidangkan. [MHS]