Dapil I Provinsi Jawa timur

Penyanyi Keroncong & Musisi Pop Rock Ikut Meramaikan

Klik untuk perbesar
Putri Guntur Soekarno (kiri) caleg dari PDIP, Arzetty Bilbina (tengah) caleg dari PKB dan Angela Herliani Tanoesoedibjo (kanan) caleg dari Partai Perindo.

RMco.id  Rakyat Merdeka - Bertarung kembali di Daerah Pemilihan (Dapil) I Jawa Timur (Jatim) bukan perkara mudah bagi petahana. Banyak caleg dengan popularitas tinggi bisa jegal incumbent. Mulai dari artis, mantan cagub Jatim hingga anak ketua umum partai.

Berita Terkait : Pasek Nyaleg DPR, Eks Gubernur Hingga Musisi Bisa Raih Kursi

Berdasarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), ada 137 caleg bakal manggung di dapil dengan cakupan Kota Surabaya dan Sidoarjo ini. Alokasi kursinya 10 buah. Seperti daerah lain, dapil ini juga ada petahana. Bedanya, pesaing mereka di Pileg 2019 bukan kelas teri, melainkan kakap. Lengah sedikit kursi melayang.

Berita Terkait : Mantan Anggota DPR& Tokoh Buruh Berebut Kursi Aceng Fikri

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) misalnya, mengorbitkan penyanyi kroncong Sundari Sukojo. Selain itu, partai besutan Muhaimin Iskandar ini juga menurunkan eks anggota DPR dari Demokrat, Fandi Utomo. Mewakili petahana, PKB tetap menjagokan mantan pragawati dan artis Arzetty Bilbina dan Syaikhul Islam. Hingga kini, keduanya masih menjabat anggota DPR. 

Berita Terkait : Banteng Usung Harvey, Beringin Ingin Rebut Dua Kursi

Hal sama dilakukan Partai Gerindra. Seakan belum cukup menurunkan petahana, Bambang Haryo Soekarto, partai kepala garuda ini mengorbitkan musisi Ahmad Dhani serta mantan anggota Komnas HAM, Siane Indriani sebagai caleg.  Komposisi caleg dari kubu PDI Perjuangan tidak kalah top. Di dapil ini, partaipimpinan Megawati mendapuk mantan cawagub Jatim; Puti Soekarno, Ketua Bappilu PDIP Bambang DH, serta musisi Andre Hehanusa.
 Selanjutnya