Dapil I Provinsi Bengkulu

52 Calon Bakal Tumbang, Menteri Jokowi Dilawan Kaum Hawa

Klik untuk perbesar
Eko Putro Sandjojo (kiri) caleg dari PKB, Elva Hartanti (tengah) caleg dari PDI Perjuangan dan Susi Marleny Bachsin (kanan) caleg dari Partai Gerindra.

RMco.id  Rakyat Merdeka - Persaingan ketat bakal tersaji di Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Bengkulu. Provinsi ini hanya ada satu dapil saja. 56 caleg berebut 4 kursi DPR. Itu artinya, 52 calon wakil rakyat bakal terpental. 

Dapil Provinsi Bengkulu ini meliputi seluruh daerah di provinsi Bengkulu. Yakni Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupateng Bengkulu Tengah, Kabupateng Bengkulu Utara, Kabupaten Kaur, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Lebong, Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Seluma dan Kota Bengkulu. 

Pada pileg 2014, semua kursi dikuasai petahana dari kaum hawa. Tapi, pileg tahun ini, mantan menteri, eks kepala daerah, birokrat, elite partai, pengacara dan tokoh masyarakat membidik kursi Senayan di dapil ini.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menempatkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo. Eko dipasang di nomor Wahid. Menteri Kabinet Kerja Jokowi ini turun gunung untuk menambah pundi kursi DPR. 

Tidak hanya Eko, Ketua DPW PKB Provinsi Bengkulu, Herliardo di nomor urut 2. Staf Menteri PDTT Dewi Paramita yang merupakan caleg termuda (24 tahun) ini diplot nomor urut 3.  Partai Gerindra tetap usung petahana Susi Marleny Bachsin di urutan pertama, disusul Direktur Eksekutif Political Communication (Polcomm), Heri Budianto.

PDI Perjuangan tidak mau kehilangan kursinya. Partai banteng moncong putih ini menjagokan lagi incumbent, Elva Hartati di nomor urut 1. Di nomor urut 2 dipasang Restuty Aprillia. Resty merupakan istri pendiri, mantan Ketum dan Sekjen Partai Nasdem, Patrice Rio Capella.

Rio Capella saat ini bergabung dalam tim pemenangan Pileg PDI Perjuangan bersama, Menkumham Yasonma Laoly, Djarot Syaiful Hidayat, Maruarar Sirait, Ribka Tjiptaning, Rieke Diah Pitaloka, Puti Guntur Soekarno, Trimedya Panjaitan, Johan Budi, dan tokoh lainnya.  Partai Golkar ingin mengambil kursi di dapil ini. Beringin menyodorkan Mohammad Saleh, mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di urutan 4. 

Sama halnya dengan Partai Nasdem. Partai besutan Surya Paloh ini tetap usung petahana Anarulita Muhtar di nomor teratas. Disusul Leni Haryati John Latief di nomor kedua. Leni adalah ibu kandung Riri Damayanti, anggota senator termuda. Leni Haryati pernah jadi anggota DPRD Kota Bengkulu. Di bawah Leni, ada anak mantan Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli, Michael Putra Ferly dan mantan calon Bupati Mukomuko, Wismen Razak dapat nomort urut terakhir.
 Selanjutnya 

RM Video