Dapil Provinsi Maluku Utara

Pertarungan Memanas, Juara Bertahan Diuji Eks Bupati

Klik untuk perbesar
Irene Yusiana Roba Putri (kiri) caleg dari PDI Perjuangan, Muhammad Kasuba (tengah) caleg dari Partai Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Abdurachman Lahabato (kanan) caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Tensi perebutan kursi DPR di Dapil Maluku Utara (Malut) cukup panas. Petahana dapat pesaing dari caleg berkualitas. Mulai dari anggota DPD hingga mantan Bupati.

Berdasarkan data KPU, jumlah caleg di Dapil Malut hanya 44. Mereka akan merebutkan 3 kursi DPR di wilayah Halmahera Barat, Kota Ternate, Halmahera Utara, Morotai, Halmahera Tengah, Tidore Kepulauan, Kep.Sula, dan Halmahera Timur.

Berita Terkait : Maluku Utara Gempa, Tidak Berpotensi Tsunami

Minimalisnya caleg di dapil ini tidak lantas menurunkan kualitas calegnya. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) misalnya, menurunkan anggota DPD atau senator dari Maluku Utara Abdurachman Lahabato.


Belum lama ini, nama Abdurachman cukup dikenal publik karena mendorong perusahaan tambang Harita Nickel menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) langsung kepada masyarakat. Komposisi caleg dari PKB sebetulnya bisa lebih garang karena ada nama Herman Sikumbang.

Berita Terkait : Bandara Kertajati Motor Baru Pertumbuhan Ekonomi dan Pariwisata Jabar

Tapi, anggota grup band Seventeen ini meninggal dunia karena bencana alam Tsunami di Selat Sunda. Partai Gerindra ikut bermanuver dengan menurunkan Hasby Yusuf. Dia adalah dosen Fakultas Ekonomi Universitas Khairun.

Popularitas Hasby di mata oposisi sangat tinggi. Dia pernah dijadikan tersangka karena dianggap menghina Kepolisian. PDI Perjuangan sendiri tetap andalkan petahannya, Irine Yusiana Roba Putri. Saat ini Irine anggota komisi X DPR.

Berita Terkait : Mei, Inflasi Jakarta 0,59 Persen

Selain Irinie, partai banteng moncong putih ini juga menerjunkan tokoh pendidikan Maluku Utara DR Sidik Dero Siokona. Pada 2015, Sidik Dero Siokona diketahui pernah jadi calon Walikota Ternate ditemani Djasman Abubakar.
 Selanjutnya 

RM Video