Dapil I Provinsi Kalimantan Selatan

PDIP Jagokan Ian Kasela, Habib Mau Yang Kelima

Klik untuk perbesar
Aboe Bakar Alhabsyi (kiri) caleg dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ian Kasela (tengah) caleg dari PDI Perjuangan dan Sultan Khairul Saleh (kanan) caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Enam kursi DPR bisa jadi masih milik petahana. Tapi, PDI Perjuangan tak tinggal diam. Partai banteng ingin meraih kursi dengan mengandalkan Ian Kasela, vokalis grup band Radja.Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), Dapil I Kalbar akan diikuti 78 caleg.

Mereka akan memperebutkan jatah 6 kursi DPR. Dapil ini meliputi wilayah Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan,Tabalong dan Banjar. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), misalnya menjagokan petahana Zainul Arifin Noor. Mantan Rektor Universitas Ahmad Yani, dan mantan Wakil Ketua III Asosiasi Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia ini dapat nomor urut 4. 

Berita Terkait : Lawan Tak Seimbang, Pertarungan Tak Menarik

Sedangkan, nomor urut 1 ditempati Syamsul Bahri Ardy alias Guru Samsul. Partai Gerindra juga tetap andalkan petahana Saiful Rasyid di nomor urut pertama. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga tidak mau ambil resiko. Petahana Habib Aboe Bakar Alhabsyi tetap diandalkan partai pimpinan Sohibul Iman di nomor urut 1. Di ketahui Habib Aboe Bakar sudah empat kali meraih kursi DPR(sejak Pemilu 1999, 2004, 2009 dan 2014).


Partai Golkar menempatkan kembali mencalonkan dua petahana. Adalah Ahmadi Noor Supit di nomor 2 dan Bambang Heri Purnama dapat nomor urut 4. Sedangkan di nomor urut 1 diberikan Golkar kepada caleg Gusti Iskandar SA. Diketahui, Gusti Iskandar merupakan anggota DPR2009.

Berita Terkait : Penyanyi Lawas Dan Pengusaha Incar 3 Kursi Kosong

Partai Persatuan Pambangunan (PPP) tetap memasang petahana, Syaifullah Tamliha di nomor urut 2. Diketahui, pada Pemilu 2009, Syaifullah Tamliha mampu melenggang ke Senayan dengan meraih 99.100 suara. Bahkan, pada Pemilu 2014, Syaifullah Tamliha mampu meraup 115.000 suara. Di nomor urut wahid, PPP memberikan kepada mantan Sekretaris PWNU Kalsel Nasrullah AR.

Partai Nasdem menempatkan tokoh pers yang juga Ketua DPW Partai Nasdem Kalsel, Guntur Prawira di nomor pertama dan Ketua Nasdem Hulu Sungai Selatan, Zainal Abidin di nomor urut 5.  PAN ingin meraih kursi di Dapil I Kalsel ini. Partai besutan Zulkifli Hasan ini menempatkan mantan Bupati Banjar Sultan Khairul Saleh di nomor urut 1. PDI Perjuangan, yang tidak dapat kursi DPR pada Pileg 2014, memasang target. 

Berita Terkait : Pendatang Baru Sulit Singkirkan Juara Bertahan

Partai Megawati ini ingin meraih kursi. Maknya, partai banteng ini memasang dua jagoannya. Yakni, tokoh HKTI dan mantan dosen Fakultas Hukum, Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Rifqinizamy Karsayuda di nomor urut pertama. Yang kedua, mengandalkan eks vokalis band Radja, Ian Kasela di nomor urut 2.
 Selanjutnya 

RM Video