Dapil Provinsi Kalimantan Tengah

4 Mantan Bupati Lawan 5 Juara Bertahan

Klik untuk perbesar
Ujang Iskandar (kiri) caleg dari Partai Nasdem, Agati Sulie Mahyudin (tengah) caleg dari Partai Golkar dan Willy M Yoseph (kanan) caleg dari PAN.

RMco.id  Rakyat Merdeka - Lima petahana atau juara bertahan masih dominasi perebutan kursi DPR di Dapil Kalimantan Tengah (Kalteng). Tapi, mereka dapat lawan kuat dari 4 mantan bupati. Data KPU, menyebutkan, ada 80 caleg bakal bertarung di Dapil Kalteng. Mereka akan berebut 6 kursi dengan cakupan wilayah meliputi 14 Kabupaten/Kota. Diantaranya Kotawaringin Timur, Kota Palangkaraya, Kapuas, Barito Timur, Seruyan,Barito Selatan, Sukamara, dan Barito Utara.

Berita Terkait : Mantap, Jenderal Tito

Dari komposisi caleg, lima dari enam petahana periode 2014 kembali maju pada Pileg 2019. Kelimanya adalah Iwan Kurniawan (Gerindra), Asdy Narang, Rahmat Nasution Hamka (PDI Perjuangan), Agati Sulie Mahyudin (Golkar), dan Hamdani (Partai Nasdem).

Berita Terkait : Lawan Tak Seimbang, Pertarungan Tak Menarik


Rahmat Nasution Hamka adalah anggota DPR pergantian antar waktu (PAW) setelah Willy M Yoseph mundur karena maju di Pilgub Kalteng 2018. Satu-satunya petahana tak maju lagi adalah Hang Ali Saputra Syah Pahan (PAN). Tapi, tidak mudah bagi petahana mempertahankan kursinya. Sebab, ada 4 mantan bupati berminat menduduki kursi Senayan.

Berita Terkait : Penyanyi Lawas Dan Pengusaha Incar 3 Kursi Kosong

Partai Nasdem, selain menurunkan petahana Hamdani, juga mengusung mantan Bupati Kota Waringin Barat (Kobar) dua periode Ujang Iskandar. Dia punya basis masa kuat. Salah satu kemenangan fenomenal Ujang Iskandar adalah ketika menang di Pilkada Kobar pada periode kedua kepemimpinannya denganmengalahkan Sugianto Sabran yang kini Gubernur Kalteng.
 Selanjutnya 

RM Video