DPD Provinsi Sumatera Utara

Pendatang Baru Sulit Singkirkan Juara Bertahan

Klik untuk perbesar
Parlindungan Purba (kiri) dari Pertahana, Darmayanti Lubis (tengah) dari Pertahana dan Dedi Iskandar Batubara (kanan) dari Pertahana.

RMco.id  Rakyat Merdeka - Empat kursi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) masih dikuasai senator petahana. Calon lain dari aktivis, politisi, akademisi dan pengacara sulit menembus dominasi kursi juara bertahan.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), ada 19 calon anggota DPD ikut meramaikan perebutan 4 kursi. Dari data itu, empat petahana kembali maju lagi. Adalah Darmayanti Lubis, Parlindungan Purba, Dedy Iskandar Batubara dan Badikenita BR Sitepu.

Berita Terkait : Langkah New Comer Makin Ringan Ke Senayan

Diketahui, petahana Darmayanti bukanlah orang baru di DPD. Pada Pileg 2014, dia terpilih dengan meraih 622.168 suara. Petahana Parlindungan Purba tak mau kalah. Dia maju lagi. Pada pemilu lima tahun lalu, Parlindungan mengantongi 440.032 suara.

Parlindungan dikenal aktif dalam berbagai organisasi danpernah dapat penghargaan.Diantaranya penghargaan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional 1994, Anugerah Bakti Guru tahun 2007, dan Satya Lencana Kebaktian Sosial tahun 2008. Incumbent Dedy Iskandar Batubara tetap tetap berjuang untuk mempertahankan kursi senator. Di Pileg 2014, Dedy mengantongi 430.516 suara. 

Berita Terkait : Lawan Tak Seimbang, Pertarungan Tak Menarik

Diketahui, Dedy dikenal sebagai sosok yang aktif berorganisasi. Berbagai organisasi digelutinya. Misalnya pengurusPersaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) Sumut, Ketua Wadah Remaja Islam Pengajian Akbar (Warispa) Medan, Penasehat Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPDKNPI) Sumut, Wakil Sekretaris Ikatan Alumni Kader Ikatan Pelajar Al Washliyah (IKAIPA) Sumut dan lainnya.

Petahana terakhir Badikenita BR Sitepu. Saat ini, Badikenita tercatat sebagai dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara (USU). Pada Pemilu 2014, Badikenita meraup 380.684 suara (7,12 persen) atau berada pada peringkat kelima di bawah Parlindungan Purba. 
 Selanjutnya 

RM Video