DPD Provinsi Aceh

Keok Di Pilgub, Puteh Masih Incar Kursi Senator

Klik untuk perbesar
Ghazali Abbas (kiri) Caleg Pertahana, Abdullah Puteh (tengah) dari DPD, dan Anwar Ahmad (kanan) dari DPD.

RMco.id  Rakyat Merdeka - Pasca gagal di Pemilihan Gubernur (Pilgub), Abdullah Puteh masih berminat incar kursi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Dapil Provinsi Aceh. Sesuai data KPU per 14 Desember 2018, ada 46 calon senator perwakilan Provinsi Aceh.

Mereka saling bersaing memperebutkan 4 kursi DPD. Di antara puluhan caleg itu, 3 caleg berstatus petahana. Mereka adalah Fachrul Razi, Ghazali Abbas Adan dan Sudirman. Satu-satunya petahana tidak lagi mun­cul adalah Rafli.

Berita Terkait : Piala Presiden Raup Rp 52 Miliar dari Sponsor

Meski petahana punya basis massa kuat, tapi, calon pendatang baru punya kualiatas. Misalnya, Abdullah Puteh.

Diketahui, Puteh adalah Gubernur Aceh periode 2000-2004. Saat menjabat orang nomor satu di Provinsi Aceh, Puteh kena kasus korupsi pembelian 2 helikopter.

Berita Terkait : Langkah New Comer Makin Ringan Ke Senayan

Dalam kasus ini, negara dirugikan sebesar Rp 4 miliar. Pengadilan memvonis Puteh bersalah dengan hukuman 10 tahun penjara.

Selepas dari hukuman, Puteh kembali ke dunia politik. Pada Pilgub Aceh 2017, Puteh maju sebagai calon Gubernur berpasangan dengan Sayed Mustafa Usab. Tapi kalah dari pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriyansyah.

Berita Terkait : Lawan Tak Seimbang, Pertarungan Tak Menarik

Selain Puteh, ada calon lain. Adalah Anwar Ahmad, mantan Wakil Bupati Aceh Besar. Diketahui, Anwar mengawali Sesuai data KPU per 14 Desember 2018, ada 46 calon senator perwakilan Provinsi Aceh.
 Selanjutnya 

RM Video