Tolak Money Politics

Pemilu Berkualitas, Pemilu Tanpa Isu Sara & Kebencian

Klik untuk perbesar
Politisi PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka. (Foto : IG @riekediahp)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum dan Bawaslu dan KPU diharapkan bisa meredam permainan isu Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA) di media sosial, maupun lapangan pada Pileg 2019. Ini penting agar pemilu bisa berkualitas.

Politisi PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka mengatakan, perhelatan pemilu, baik pilpres maupun pileg adalah sebuah kompetisi elektoral. Idealnya, tidak ada lagi permainan isu SARA untuk menjatuhkan lawan di tahun politik 2019.

“Saya tidak berharap isu SARA itu mendominasi. Karena karakter kebangsaan kita sebetulnya sudah final. Kita harus berjalan maju bukan mundur. Ideologi harus dijaga. Pemilu harus berkualitas,” ujar Rieke kepada Rakyat Merdeka.

Menurut caleg DPR dari Dapil III Provinsi Jabar ini, isu SARA sangat membahayakan. Permaianan kotor itu bisa menggoyahkan ideologi kebangsaan Indonesia; Pancasila, serta memecah belah masyarakat dan menimbulkan sikap saling curiga.

Dia berharap, penyelenggara dan pengawas pemilu bisa menggencarkan pengawasan atas potensi isu SARA di tahun 2019. Karena, tahun itu adalah tahun politik yang melibatkan masyarakat luas. “Jangan sampai kontestasi politik ini kemudian menggoyahkan ideologi kebangsaan kita,” tegasnya,
 Selanjutnya 

RM Video