Banyak Yang Nyodorin Calon Menteri

Jokowi: Saya Tak Terbebani

Jokowi beserta Jan Ethes dan Gibran makan siang di Ayam Goreng Mbah Karto, di Sukoharjo, akhir pekan kemarin. (Foto: Twitter@jokowi).
Klik untuk perbesar
Jokowi beserta Jan Ethes dan Gibran makan siang di Ayam Goreng Mbah Karto, di Sukoharjo, akhir pekan kemarin. (Foto: Twitter@jokowi).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi masih meracik calon menteri yang akan mengisi Kabinet Kerja Jilid II. Jokowi mengakui banyak nama-nama yang sudah disodorkan ke dirinya.

Jokowi tidak terbebani sedikit pun. Jokowi justru senang dan tetap kalem. Jokowi mengisi libur akhir pekan kemarin dengan pulang ke kampung halamannya, di Solo.

Selama 2 hari di sana, Jokowi banyak menghabiskan waktu bersama keluarga. Sabtu malam, Jokowi mengajak Ibu Iriana dan Jan Ethes, jalan-jalan ke Mal Solo Paragon.

Kemarin siang, Jokowi dan keluarga mengajak para jurnalis di Solo Raya makan siang bareng di Rumah Makan Mbah Karto, Sukoharjo. Usai acara, Jokowi melayani pertanyaan awak media.

Baca Juga : Deputi Kementerian Perekonomian Apresiasi Kemajuan Proyek RDMP Balikpapan

Mulai dari 2 anak laki-lakinya yang digadang-gadang jadi Cawalkot Solo, hingga soal pembentukan kabinet. Soal pembentukan kabinet, sudah mulai ada perkembangan yang disampaikan.

Jokowi mengawali jawabannya dengan kembali mengungkapkan keinginan mengisi Kabinet Kerja Jilid II nanti dengan tenaga muda-muda. Tujuannya, tak lain untuk merespons perkembangan zaman yang kian cepat dan energik.

“Sudah sering saya sampaikan, akan banyak warna yang muda-muda. Sekali lagi perkembangan yang dinamis harus direspons secara cepat,” kata Jokowi.

Sudah selesaikah? Jokowi mengakui, belum selesai. Kata dia, saat ini masih tahap mengumpulkan nama-nama calon menteri. Ia mengaku sudah menerima banyak nama calon menteri yang disodorkan kepadanya.

Baca Juga : Telkomsel Perkuat Jaringan Di 5 Lokasi Wisata Super Prioritas

Jokowi tidak merasa terbebani dengan itu. Baginya, semakin banyak nama yang masuk, semakin baik. Sebab, makin banyak alternatif yang bakal dipilih menjadi menteri.

“Semakin banyak mengumpulkan pilihan-pilihan, memilihnya akan menjadi semakin mudah,” ucapnya. Para wartawan sempat bertanya soal perampingan kabinet.

Jokowi menjawab, belum kepikiran melakukan hal itu. Pembahasan saat ini masih seputar nama-nama calon menteri yang diusulkan. Ini adalah kali kesekian Jokowi bicara soal pembentukan kabinet.

Jokowi pertama kali bicara soal kabinet pada medio Juli lalu. Saat itu, ia mengakui sudah menyusun formasi kabinet periode 2019-2024.

Baca Juga : Thailand Masters 2020, Bagas/Fikri Terhenti di Babak Kedua

Hanya saja, siapa nama menterinya, Jokowi belum mau bicara secara rinci. Yang pasti, kabinetnya akan diisi dari kala ngan profesional dan partai koalisi. Perbandingannya 60:40 atau 50:50.
 Selanjutnya