Makan Siang Di Rumah Maruf, Jokowi Bicara Elektabilitas

Klik untuk perbesar
Presiden Joko Widodo menyambangi KH Maruf Amin yang menjadi pasangannya di Pilpres 2019, di kediamannya, Jalan Situbondo No.12, Jakarta Pusat, Jumat (28/12). (Foto: IG Fadjroel Rachman)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) siang ini, Jumat (28/12) menyambangi kediaman cawapresnya, KH Ma’ruf Amin di Jalan Situbondo Nomor 12, Jakarta Pusat. Mau ngapain? Jokowi bilang, mau makan siang saja. Tapi, sambil ngomongin sedikit soal hasil survei.

Mengenakan baju koko putih, celana hitam, sepatu sneakers dan peci hitam, Jokowi tiba di kediaman Ma’ruf pada pukul 13.05 WIB. Sebelumnya, Jokowi menunaikan shalat Jumat di Masjid Istana Kepresidenan. Turun dari mobil Toyota Innova hitam, Jokowi disambut Ma’ruf di depan pintu rumahnya.

Pakaian yang dikenakan Ma’ruf sama dengan Jokowi. Bedanya, Ma’ruf mengenakan sarung. Keduanya langsung bersalaman dan berpelukan. “Apa kabar, sehat?” tanya Jokowi yang disambut anggukan Ma’ruf. Ditanya maksud kedatangannya oleh wartawan, Jokowi hanya menjawab singkat. “Diundang makan sama beliau,” selorohnya.

Ada pembicaraan politik dalam pertemuan ini? “Nggak, diundang makan siang saja,” ujarnya lagi, sambil tersenyum. Nyatanya, Jokowi memang makan siang di rumah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) nonaktif itu. Jokowi yang ditemani politisi PDIP sekaligus Sekretaris Kabinet Pramono Anung, disuguhkan aneka makanan oleh empunya rumah, yang didampingi Wakil Sekjen MUI Pusat Bidang Fatwa Sholahuddon Al-Aiyub.

Di meja makan, terlihat beragam lauk pauk seperti ikan goreng, tempe, sayur lodeh, dan pecel. Ada juga beberapa buah-buahan seperti jeruk, kelengkeng dan lain-lainnya. Jokowi yang duduk berhadapan dengan Ma’ruf, tampak asyik menyantap ikan goreng dengan sendok dan garpu. Sementara Ma’ruf, makan menggunakan tangan. Keduanya tampak sesekali mengobrol. Hanya satu jam pertemuan itu berlangsung.

Usai pertemuan, Jokowi mengungkapkan, sembari menyantap ikan goreng dan pecel, dirinya dan Ma’ruf sempat berbincang sedikit soal hasil survei elektabilitas keduanya. “Ya tadi bicara sedikit mengenai hasil survei yang ada,” bebernya.

Jokowi menyebut, Ma’ruf Amin mendongkrak elektabilitas. Ini menepis hasil sejumlah survei yang menyebut sebaliknya. “Mendongkrak. Siapa bilang tidak? Di surveinya kelihatan kok (naik)," seloroh Jokowi. Hanya obrolan soal survei yang dibicarakan keduanya. Tak ada lagi pembicaraan soal politik. Termasuk, persiapan debat capres-cawapres yang digelar perdana di Hotel Bidakara pada 17 Januari 2019.

“Belum (bahas persiapan debat), kan masih jauh. Masih lama. Masih 3 minggu, santai saja. Yang penting, tadi sudah makan ikan goreng, pecel,” tutur mantan Wali Kota Solo itu. “Nanti kalau kurang dua hari, baru kita.... Bicara sekarang, lupa nanti malam,” tandas Jokowi. Tak lama kemudian, dia meninggalkan kediaman Ma’ruf. [OKT]

RM Video