TNI AU Amankan Pelantikan Presiden dari Udara 

Marsekal Yuyu Sutisna (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Marsekal Yuyu Sutisna (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Yuyu Sutisna, menyatakan bahwa institusinya telah menyiapkan pengamanan sektor udara saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, di Gedung DPR/DPD/MPR, 20 Oktober 2019.

"Pada pelantikan Presiden, yang jelas saya menyiapkan seluruh alat utama sistem persenjataan (alutsista) baik angkut maupun personel dan mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi," kata Yuyu usai memimpin upacara serah terima jabatan Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU), di Lapangan Dirgantara Kompleks Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta, Rabu (9/10) seperti dikutip antaranews.com.

Baca Juga : Lolos ke Perempat Final, Thiem Bisa Bertemu Nadal

Yuyu mengatakan, pengamanan sektor udara saat pelantikan Presiden akan dilaksanakan terintegrasi dengan pengamanan sektor darat. Seperti yang telah dilakukan pada saat pelantikan anggota DPR periode 2019-2024.

"Setiap ada kegiatan-kegiatan, baik yang akan kita laksanakan yakni pelantikan Presiden, dan kemarin pelantikan DPR, sampai dengan upacara atau kegiatan-kegiatan yang memerlukan pengamanan, kami selalu melaksanakan pengamanan dari udara," kata dia.

Baca Juga : Ikuti Pameran Wisata Terbesar di Kawasan Baltik, Indonesia Jaring Wisatawan Lithuania

Menurut dia, upaya pengamanan pelantikan Presiden baik yang menyangkut kesiapan alutsista maupun personel seluruhnya mengacu rencana yang telah dibuat Mabes TNI. "Pengguna kekuatan adalah dari Mabes TNI dalam hal ini Panglima TNI, tentunya Panglima TNI sudah membuat rencana operasi pengamanan," kata dia. [USU]