Gelaran Syukuran Pelantikan Jokowi Dimulai Dari Yogyakarta

Klik untuk perbesar
Ketua Panitia Pelaksana Syukuran Inagurasi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2019-2024, Andi Gani Nena Wea (tengah). (Foto: ist)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Syukuran pelantikan Presiden dan Wakil Presiden akan digelar di beberapa kota di Tanah Air. Yogyakarta menjadi tempat pertama yang akan menggelar syukuran. Tepatnya 19 Oktober.

Ketua Panitia Pelaksana Syukuran Inagurasi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2019-2024, Andi Gani Nena Wea menjelaskan, acara syukuran di Yogyakarta melibatkan ribuan peserta. Kegiatan di Yogyakarta, dimulai pukul 15.00 WIB dan diisi oleh marching band Universitas Gajah Mada (UGM) serat barisan prajurit keraton. 

"Di Yogyakarta melibatkan ribuan peserta. Kegiatan ini diinisiasi oleh Widihasto W Putra," katanya dalam konferensi persnya di Jakarta, Senin (14/10).

Berita Terkait : Jokowi Keluar Bantengnya

Selanjutnya, kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), kegiatan dilanjutkan di Kuningan, Jawa Barat. Menurutnya, komunitas milenial yang punya ide untuk menyelenggarakan syukuran inagurasi.

Andi Gani menuturkan, di Kuningan akan mulai dilakukan rangakaian acara tepat jam 08.00 WIB. Kemudian, puncaknya ada di Jakarta bertepatan dengan pelantikan pada 20 Oktober.

Menurut pemimpin Konfederasi Buruh se-ASEAN ini, acara di Jakarta akan dimulai sejak pukul 12.00 di area Patung Kuda sampai Istana Merdeka. Akan ada sekitar 6 panggung disiapkan untuk kegiatan seni dan budaya. 

Berita Terkait : Jokowi: Ini Urusannya Mendikbud

Lalu, pukul 14.00 WIB dijadwalkan akan ada nonton bareng pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Maruf Amin. Untuk itu, panitia telah menyiapkan layar besar (videotron) yang akan menyiarkan secara langsung pelantikan dari Gedung MPR/DPR.

"Jadi nanti kita setop dulu semua kegiatan untuk nonton bareng pelantikan," ujarnya.

Setelah pelantikan, lanjut Andi Gani, acara dilanjutkan dengan kegiatan seni budaya sambil menunggu kedatangan Presiden dan Wakil Presiden ke lokasi acara. 

Berita Terkait : Tekan Defisit, Jokowi Minta Ekpor dan Pariwisata Digenjot

"Parade seni budaya dari seluruh provinsi di Indonesia akan dimulai lagi jelang kedatangan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia tiba di Istana Merdeka," jelasnya.

Andi Gani menambahkan, selain parade dan pawai budaya akan ada kuliner khas Nusantara yang dijajakan di sepanjang jalan dan dipastikan gratis untuk masyarakat. Andi Gani memprediksi ratusan ribu masyarakat akan tumpah ruah memenuhi jalanan pada saat acara ini digelar.

"Acara ini terbuka untuk umum dan gratis. Akan ada tamu-tamu juga dari negara-negara  sahabat yang ikut serta memeriahkan," ucapnya. [KPJ]