Nggak Kebayang, Seperti Apa Nanti Debat Ma’ruf Vs Sandi

Klik untuk perbesar
Cawapres No urut 1 KH Maruf Amin (kiri) dan Cawapres No urut 2 Sandiaga Uno (kanan). (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Debat capres dan cawapres masih menyisakan 4 ronde lagi. Satu ronde mempertemukan antar cawapres. Duel antar cawapres akan digelar 17 Maret 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. Tema yang diangkat soal pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

Melihat gaya cawapres 01 Kiai Ma’ruf Amin yang banyak diam, kalau bicara pun hanya pendek-pendek saja di debat pertama, ada warganet yang mempertanyakan bagaimana nantinya Ma’ruf akan langsung berhadapan berdua dengan cawapres 02 Sandiaga Uno yang tampil cas cis cus dan luwes di debat pertama. Apakah Ma’ruf bisa ngimbangi? Atau malah membuat kejutan bisa menumbangkan Sandiaga?

Dalam debat pertama, Ma’ruf memang lebih banyak diam. Saat dipancing moderator untuk menambahkan pandangan Jokowi, Ma’ruf hanya menjawab pendek. “Sudah cukup. Saya setuju dengan Pak Jokowi,” katanya.

Berita Terkait : KPU Pangkas Jumlah Suporter Debat

Ma’ruf bicara cukup banyak hanya di sesi debat soal terorisme. Sempat juga sedikit bicara saat debat beralih ke tema disabilitas. Sepanjang dua jam acara debat, Ma’ruf hanya bicara sekitar 4 menit. Sementara Jokowi berbicara sekitar 24 menit. Ini berbeda dengan Sandiaga yang tampak bisa mengimbangi Prabowo. Tiap diberi kesempatan bicara, Sandi memanfaatkan waktu tersisa dengan baik. Ngomongnya lancar dan runut.

Melihat fakta-fakta ini, pendukung Jokowi-Ma’ruf ikutan khawatir dengan debat cawapres nanti. “Jadi khawatir nanti pas debat cawapres Pak Ma’ruf vs Sandi,” cuit @siphint. Akun @ ibnwahd26 ikut penasaran. Menurut dia, pertandingan Jokowi vs Prabowo nanti sudah bosan.

Karena isinya bakal gitu-gitu saja. Ia penasaran dengan debat Ma’ruf Vs Sandi. Sandi pernah tarung di Pilkada DKI. Sementara Ma’ruf adalah ketua umum MUI. “Apakah Ma’ruf bisa mengangkat Jokowi nantinya? Kita lihat nanti,” ucapnya.

Berita Terkait : Nonton Debat

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir menilai secara keseluruhan puas dengan acara debat capres perdana. Begitu juga dengan penampilan Ma’ruf yang menurut dia sudah sesuai skenario. Ingin mengedapankan figur presiden. Selain itu, karakter kiai memang begitu.

Meski, kata dia, secara keseluruhan debat perdana belum bisa menjawab harapan pemilih yang masih bingung menentukan pilihan atau undecided voters. Untuk debat cawapres, Erick mengaku sudah mempersiapkan semuanya. “Kalau boleh jujur, itu tantangan kita nanti,” kata Erick, saat berkunjung ke redaksi Rakyat Merdeka, kemarin.

Senada disampaikan Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto. Menurut dia, meski sedikit bicara, apa yang disampaikan Ma’ruf sangatfundamental. “Kalau antara capres-cawapres dulu-duluan berbicara, nanti nggak kelihatan mana presiden mana wakil presidennya,” kata Hasto, di Rumah Aspirasi, Jakarta, kemarin.
 Selanjutnya 

RM Video