Mampir Di Rest Area KM 166 Tol Cipali

Sandi Dicurhati Pedagang Nasi Jamblang & Batik

Klik untuk perbesar
Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno saat mendengarkan keluhan Anton, pemilik rumah makan Nasi Jamblang di Rest Area KM 166 Tol Cipali, Minggu (10/2). (Foto : Oktavian/RM)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno berkunung ke rest area KM 166 Tol Cipali pada Minggu (10/2). Di situ, Sandi mendengarkan keluhan dari para pedagang.

Anton pemilik rumah makan Nasi Jamblang Mang Dul, misalnya. Dia mengeluhkan turunnya keuntungan warungnya satu tahun terakhir ini kepada Sandi.

Di hari Jumat atau Sabtu yang menjadi puncak kunjungan para pengendara mobil pribadi, bus atau truk, Anton hanya mampu mengantongi pendapatan kotor satu juta rupiah. “Sepi euy Pak sekarang. Hari Jumat dan Sabtu juga begitu. Ini udah hampir satu tahun begini pak,” ujar Anton kepada capres nomor urut 02 itu.

Berita Terkait : Saat Sandi Nostalgia Di Rumah Tempat Dia Dibesarkan


Sandi tampak serius menyimak sambil menyantap nasi berlauk semur daging, tahu, dan telur pedas yang dialasi daun jati itu. Tak butuh waktu lama, nasi jamblang tandas disantap putra Mien Uno itu. Anton tampak senang menyaksikan nasi dagangannya tak bersisa.

“Terima kasih sudah makan di sini. Kalau tahu Pak Sandi datang, saya banyakin nasi sama lauk hari ini,” ujar Anton yang mengaku kini hanya menyiapkan dagangan seadanya.

Dari warung Mang Dul, Sandi juga berkeliling di plaza yang disediakan untuk UMKM. Di sana ada penjual batik bernama Ade. Sama seperti Anton, Ade yang berasal dari Pekalongan, juga mengeluhkan hal yang sama.

Berita Terkait : Siapkan Dana Rp 13,73 Triliun Mandiri Pede Hadapi Nataru

Usai berkeliling dan mendengar curhat para pedagang, Sandi menyatakan, harus memikirkan cara untuk menarik para pengunjung datang ke rest area. “Tadi kita dengar sendiri keluhan para pedagang di rest area ini menurun. Untuk mensejahterakan para UMKM di rest area. Harus ada sistem yang terintegrasi,” tutur Sandi.


Salah satu yang dipikirkan Sandi adalah dengan memberikan insentif kepada para pengguna jalan tol yang mampir ke rest area. Cara ini dinilainya dapat mengangkat produk-produk lokal atau kuliner daerah.

“Insentifnya salah satunya adalah cash voucher. Voucher tunai dengan potongan diskon makan. Lebih murah 20-30 persen untuk kuliner produk-produk UMKM yang dijajakan di rest area. Ini menjadi fokus Prabowo Sandi selama lima tahun ke depan, menggerakkan ekonomi rakyat,” bebernya.

Berita Terkait : Prabowo-Sandi Andalkan Relawan

Sandi memang sengaja memilih jalan darat untuk menyerap aspirasi masyarakat. Dia ingin melihat langsung dampak infrastruktur jalan tol terhadap UMKM yang digerakkan pengusaha kecil dan menengah. [OKT]

RM Video