Dapil II Provinsi Kalimantan Barat

Basis Kuat, Mantan Kepala Daerah Bisa Menuju Senayan

Klik untuk perbesar
Milton Crosby (kiri) caleg dari Partai Gerindra, Adrianus Asia Sidot (tengah) caleg dari Partai Golkar dan Abang Tambul Husin (kanan) caleg Partai Gerindra.

RMco.id  Rakyat Merdeka - Dapil II Kalimantan Barat (Kalbar) jadi arena caleg mantan kepala daerah. Meski pendatang baru, mereka punya basis massa kuat untuk bisa melenggang ke Senayan. Sesuai data KPU, Dapil II Kalbar diikuti 56 caleg, Mereka akan memperebutkan 4 kursi DPRD di wilayah Sangau, Sintang, Kapuas Hulu, Sekadau dan Melawi. 

Pasca pemecahan dapil, alokasi kursi Dapil IIKalbar jadi sedikit. Cuma 4 kursi DPR. Ini kalah jauh dibanding alokasi di Dapil I Kalbar dengan 8 kursi DPR. Dari 56 caleg di Dapil II Kalbar, hanya ada dua petahana. Salah satunya tersandung kasus korupsi dan sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.Caleg petahana dengan status tersangka itu adalah Sukiman. Dia adalah caleg Partai Amanat Nasional (PAN).

Berita Terkait : Langkah New Comer Makin Ringan Ke Senayan

Penetapan tersangka Sukiman merupakan hasil pengembangan KPK dari kasus dugaan suap terkait usulan dana perimbangan keuangan daerah pada RAPBN Perubahan 2018.Meski nama Sukiman belum dicoret KPU lantaran belum ada keputusan hukum tetap, namun citranya sudah babak belur. Satu-satunya petahana berpotensi menang adalah caleg PDIP, Lasarus. Saat ini dia menjabat Wakil Ketua Komisi V DPR. 


Atas situasi ini, otomatis alokasi 4 kursi di Dapil II Kalbar akan jadi rebutan para caleg newcomer. Partai Gerindra mencalonkan Antonius Situmorang. Dia termasuk caleg ingin naik “kelas” karena saat ini menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra di DPRD Kalbar. Partai Prabowo juga menurunkan Milton Crosby.

Berita Terkait : Mantap, Jenderal Tito

Saat Pilkada 2018 lalu dia adalah mantan calon Gubernur Kalbar berduet dengan Boyman Harun. Di kubu Partai Golkar juga ada mantan Bupati Landak, Adrianus Asia Sidot. Dia akan berduet dengan Ketua DPP Persatuan Forum Komunikasi Pemuda Melayu Kalbar, Firman Muntaco. 

Partai Nasdem tidak kalah menakutkan. Mereka menurunkan mantan Bupati Kapuas Hulu Abang Tambul Husin, serta Wakil Ketua DPD Nasdem Bidang Kesehatan, Yessy Melania. Partai Demokrat memplot mantan Bupati Sekadau Simon Petrus. Dia ditemani aktivis perempuan Firliana Purwanti. PKS juga menurunkan mantan calon Wakil Gubernur Kalbar, Fathan A Rasyid. 
 Selanjutnya 

RM Video