Konser Putih Bersatu Lebih Pelangi dan Semarak

Jokowi: Saya Bahagiaaaa!!!

Klik untuk perbesar
Suasana kampanye pamungkas Jokowi-Maruf, di Glora Bung Karno, Senayan, Jakarta, kemarin. (Foto: Antara)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kampanye terakhir Jokowi-Ma’ruf Amin bertajuk “Konser Putih Bersatu” di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) sukses besar. Massa yang hadir beragam. Lebih pelangi. Acaranya meriah. "Saya bahagiaaaa...," kata Jokowi.

Sejak pukul 8 pagi, massa sudah memadati Stadion GBK. Namun, pintu belum dibuka. Begitu dibuka pukul 10 pagi, berrrr, massa meluber masuk stadion. Tribun-tribun di GBK dipadati massa. Nyaris semua tempat duduk di tribun terisi. GBK jadi “lautan putih”.

Tak hanya di GBK, lautan putih ini juga tampak di sepanjang jalan menuju ke Senayan. Di Palmerah misalnya, ratusan orang berbaju putih berjalan kaki menuju ke Senayan. Lainnya, konvoi dengan sepeda motor. Klakson bersahut-sahutan dengan irama khas. Jalanan macet parah mulai dari Jalan Tentara Pelajar hingga putaran Bendungan Hilir. Sepanjang HI sampai Semanggi, masyarakat membawa berbagai atribut paslon 01 juga memadati jalan. Hanya segelintir yang menggunakan atribut partai. Mereka yang membawa bendera partai, tidak membawa masuk ke dalam area stadion.

Di dalam stadion, di semua tribun sampai di tengah area panggung, tidak ada atribut partai politik koalisi pengusung Jokowi-Ma’ruf. Hanya ada bendera merah putih serta kain besar bergambar siluet Jokowi, yang merupakan lambang ormas Projo, dibentangkan di tribun stadion. Bendera partai, hanya dipasang di bagian atas stadion.

Panggung utama berkarpet merah dibuat berbentuk angka 1. Di area GBK, sejumlah orang yang datang agak siang tidak bisa masuk. Beberapa pintu menuju stadion ditutup. Kalaupun dibuka, tidak akan bisa masuk. Saking penuhnya. Paling banter duduk di tangga-tangga saja. Malah, di pintu masuk stadion 61-62, sejumlah orang duduk lesehan beralas kardus air mineral di depan pintu. Mereka menyaksikan gelaran acara lewat layar yang sudah disediakan.

Cuaca siang kemarin begitu panas. Beruntung, ada pembagian air mineral. Malah, ada juga relawan yang membagikan payung merah putih serta topi caping bergambar Jokowi-Ma’ruf.

Berita Terkait : Pendukung Kecewa Prabowo Bertemu Jokowi, Andi Arief Bilang, Itu Akibat Kampanye Bombastis

Pukul 1 siang, acara dibuka oleh MC Gading Marten dan Indra Bekti. Namanya konser, acaranya pun sebagian besar diisi pertunjukan musik dari sejumlah artis. Di antaranya, Slank, Addie MS, Bimbo, Ida Royani, Glenn Fredly, Sandy Sandoro, Slank, Yuni Shara, Inul, Iis Dahlia, Ruth Sahanaya, Tompi, Giring, Cak Lontong, Desta, Olla Ramlan, Arie Kriting, Krisdayanti, Angel Karamoy, dan artis lainnya. Selain itu ada juga Seniman Bandung, Lakon 30, Kill the DJ, Chacha Fredrica, Ivan Seventeen, Aqi Alexa, Nirina Zubir, Natasha Rizky, dan banyak artis lainnya, juga para seniman dan influencer. Hadir juga para tokoh agama dan pemuka masyarakat.


Jokowi tiba di GBK pukul 3 sore. Mobil yang membawanya beserta rombongan masuk melalui Pintu I SUGBK yang sudah disterilkan. Setelah Jokowi, menyusul Ibu Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Hadir pula KH Maimoen Zubair alias Mbah Moen.

Begitu masuk ke stadion, Jokowi berlari, stadion bergemuruh. Teriakan “Jokowi lagi” bergema di stadion. “Angkat jarinya. Angkat jempolnya,” seru Jokowi membuka orasinya. Massa pun menuruti permintaan capres 01 itu. Jokowi tampak takjub melihat lautan massa yang membanjiri stadion. Wajahnya sumringah. Senyum mengembang lebar. “Sore hari ini saya sangat berbahagiaaaaaaaa sekali,” tuturnya dengan memanjangkan huruf “a” di akhir kata “berbahagia”. Massa pun heboh. Bersorak sorai.

Jokowi kemudian mengingatkan bangsa Indonesia adalah bangsa besar. Yang di dalamnya terdiri dari beragam suku, agama, tradisi, adat serta budaya yang berbeda-beda. Capres petahana ini pun menyapa dengan berbagai bahasa daerah. Jokowi mengingatkan, perbedaan, keragaman dan kebhinekaan Indonesia harus dijaga dan dirawat bersama. “Sanggup?” tanya Jokowi yang kompak dijawab “sanggup” oleh massa.

“Perlu kita ingat, perlu kita ingat bahwa dasar negara kita, ideologi kita, Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945 sudah final! Harga mati dan tidak bisa diganggu gugat. Siapa yang setuju tunjuk jari, siapa yang setuju angkat jempol,” tegas Jokowi. Tepuk tangan dan sorak sorai kembali bergemuruh.

Dia juga menyinggung soal pesimisme yang kerap dilontarkan rivalnya, Prabowo Subianto. Dia bilang, modal besar bagi Indonesia untuk maju adalah optimis. “Saya melihat di sini tidak ada rasa pesimis. Betul? Setuju?” tanya Jokowi diamini ribuan pendukungnya. “Tidak ada negara maju di manapun yang rakyatnya pesimis. Pasti rakyatnya optimis, betul?” tanya Jokowi lagi. Ribuan massa yang tumpah ruah hingga ke lapangan stadion GBK kembali mengamini. “Betullll.”

Berita Terkait : Putusan Pilpres MK, Pertama dan Terakhir

Jokowi juga membeberkan sejumlah capaiannya selama 4,5 tahun menjadi Presiden. Dia meminta rakyat bersyukur. Di antara yang dibeberkan adalah turunnya angka kemiskinan yang semula 2 digit kini menjadi 1 digit. Kemudian, angka pengangguran yang semula 5,9 persen kini menjadi 5,3 persen. Juga, stabilnya pertumbuhan ekonomi di angka 5 persen.

“Kita harus bersyukur pada Allah SWT, jangan sampe kita ini kufur nikmat,” tegas Jokowi. “Kalau ingin pilih pemimpin, lihat rekam jejak, pengalaman, dan prestasinya seperti apa. Dan saya ini tidak memiliki beban masa lalu. Tidak ada,” tegas Jokowi. GBK kembali bergema oleh tepuk tangan. “Saya ulangi, saya tidak memiliki beban masa lalu. Tidak ada,” ucap Jokowi.

Jokowi dan Ma’ruf Amin pun sepakat mewakafkan diri untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Dia memastikan 5 tahun ke depan negara ini akan lebih kuat ekonominya.


Ayo Pilih 01

Jokowi meminta massa berbondong-bondong ke TPS. “Untuk Indonesia maju, ayo kita pilih 01,” serunya.

Dia juga mengajak massa mengenakan baju putih saat mencoblos. “Tapi, kalau nggak punya baju putih juga nggak apa,” selorohnya. Massa tertawa. “Saya mengajak memakai baju putih, karena yang akan dicoblos bajunya?” tanya Jokowi dijawab serempak oleh massa, “putiiih”.

Berita Terkait : Sidang Ditutup Pengajian dan Maaf-maafan, MK = Mahkamah Kekeluargaan

Dia meminta masyarakat tidak takut pergi ke TPS. Karena ada personel TNI dan Polri yang akan menjaga keamanan seluruh pemilih yang datang ke TPS.

Di ujung pidatonya, Jokowi menyempatkan diri berterima kasih kepada Jusuf Kalla alias JK. JK datang ke panggung bersama Kiai Ma’ruf di tengah pidato Jokowi. JK pun mengangkat kedua tangannya, mengacungkan jempol. Jokowi pun menutup pidatonya.

Setelah itu, giliran Ma’ruf Amin yang berpidato. Dia tampak sangat bersemangat. “Hari ini apa yg telah kita putihkan?” seru Kiai Ma’ruf. “GBK,” seru massa. “Tanggal 17 April apa yang akan kota putihkan?” tanyanya lagi yang dijawab serempak “TPS” oleh massa. “Untuk apa? Untuk memilih pasangan putih-putih. Supaya putih-putih menang di dalam pilpres. Kalau putih-putih menang, Indonesia maju. Mari kita berdoa,” tutur Ma’ruf.

Setelah itu, Ustad Yusuf Mansyur mengajak bershalawat dan membacakan surat Al-Fatihah. Acara pun ditutup pukul 16.30 WIB.

Wapres Jusuf Kalla turut hadir dalam kampanye akbar Jokowi-Ma'ruf Amin di GBK, Senayan, Jakarta, kemarin. Hal ini menunjukkan dukungan penuh JK untuk pasangan Capres-Cawapres Jokowi-Amin. "Pak JK dan loyalisnya mendukung penuh pasangan Jokowi-Amin," ujar Jubir Wapres? Husain Abdullah yang mendampingi JK. [OKT]

RM Video