Pemilu Luar Negeri 2019

Coblosan Lancar, PPLN Kopenhagen Masih Nunggu Sisa Surat Suara Via Pos

Klik untuk perbesar
Suasana Pemilu 2019 di Kopenhagen, Denmark, Sabtu (13/4). (Foto: KBRI Kopenhagen)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Sesuai jadwal yang ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kopenhagen menyelenggarakan hajat akbar 5 tahunan Pemilu 2019 di Kopenhagen, Denmark, Sabtu (13/4). Pemungutan suara dimulai pukul 08.00 dan ditutup pukul 18.00 waktu setempat.


“Masyarakat Indonesia menunjukkan kegembiraannya dan kesenangannya.  Hari ini, Sabtu, 13 April 2019, telah menyalurkan aspirasinya untuk menentukan masa depan Indonesia yang maju, sejahtera, serta adil dan makmur,” ujar M Ibnu Said, Duta Besar RI untuk Denmark merangkap Lithuania, dalam keterangan tertulisnya.

Dubes RI untuk Denmark merangkap Lithuania, M Ibnu Said menunaikan hak pilihnya di TPS Kopenhagen, Denmark, Sabtu (13/4). (Foto: KBRI Kopenhagen)

Berita Terkait : 18 Jam Berpuasa, WNI di Kopenhagen Tetap Semangat

WNI yang terdaftar di Denmark dan Lithuania yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 720 orang. 570 di antaranya, menunaikan hak pilih via pos. Sedangkan 150 sisanya terdaftar untuk pemilihan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Terdapat juga 63 pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).


Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Ketua PPLN Kopenhagen, Ricat Simanjuntak, keseluruhan surat suara yang diperuntukan untuk TPS telah digunakan untuk mengakomodir pemilih yang mendaftar melalui TPS, terdaftar dalam DPTb, datang langsung ke TPS membawa form A5, ataupun hanya membawa identitas nasional (Daftar Pemilih Khusus/DPK).

Berita Terkait : Ketua KPU Ditendang, Surat Suara Direbut Massa

PPLN Kopenhagen masih menunggu sisa suara kembali, hingga tanggal penghitungan suara pada 17 April mendatang.


“Pelaksanaan Pemilu di TPS berjalan lancar, tanpa ada insiden ap apun. PPLN Kopenhagen masih menunggu sisa surat suara yang dikirim melalui pos, hingga tanggal penghitungan suara pada 17 April 2019, yang direncanakan dilaksanakan pukul 08.00 pagi waktu setempat hingga selesai,” ujar Ricat. [HES]

RM Video