Pemilu di Luar Negeri

Coblosan di Penang, Malaysia Aman dan Lancar

Klik untuk perbesar
WNI tampak antre menunggu giliran mencoblos di TPSLN KJRI Penang di Georgetown, Malaysia, Minggu (14/4). (Foto: PPLN Penang)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Pemilu 2019 di Penang, Malaysia yang diselenggarakan pada hari ini, Minggu (14/4), berlangsung lancar dan tertib. WNI yang memiliki hak pilih terlihat mulai memadati Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang di Georgetown, Malaysia. 


Kelancaran penyelenggaraan ini diakui Muhammad Faisal bin Asmat, WNI asal Singkil, Aceh yang telah 25 tahun merantau di Malaysia. Faisal yang sudah 5 kali coblosan di Malaysia ini menilai, Pemilu 2019 lebih praktis karena ia tak perlu repot-repot mengisi dan mengembalikan formulir via pos. 

Faisal sejenak berselfie, sebelum masuk ke KJRI Penang, Malaysia untuk menunaikan hak pilihnya. (Foto: Istimewa)

Berita Terkait : Masih Di Luar Negeri, Kapan Prabowo-Sandi Melayat Ibu Ani?

"Alhamdulillah, saya sudah selesai mencoblos. Pemilu kali ini lebih praktis, karena saya mendaftar lewat jalur online, bukan via pos seperti biasanya. Saya juga tidak perlu antre. Karena begitu setor data, saya langsung dapat nomor antrean. Saya diminta datang lagi pukul 12 siang, terus langsung mencoblos. Nggak perlu antre. Pulangnya, saya diberi roti dan susu Milo," ujar Anto kepada RMCO, Minggu (14/4). 


Seperti PPLN lainnya, PPLN Penang mengkategorikan calon pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, ke dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK). Untuk itu, calon pemilih harus membawa sejumlah dokumen penting seperti paspor/e-KTP/SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor), menunjukkan surat tugas bagi yang sedang bertugas, surat keterangan dokter (bagi yang sakit) yang menyatakan akan kembali ke Indonesia setelah tanggal 17 April 2019, dan menunjukkan tiket kepulangan.  

Berita Terkait : Buntut Kerusuhan 22 Mei, Pendapatan Pedagang Tanah Abang Anjlok

Malaysia menjadi negara terbanyak yang memiliki tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2109 di luar negeri, yang tersebar di 6 kota. Yakni Johor Bahru, Kinabalu, Kuala Lumpur, Kuching, Penang, dan Tawau. Menurut Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal mengungkapkan, ada 1,1 juta WNI yang memiliki hak pilih di Malaysia dalam Pemilu 2019. Angka ini mencapai lebih dari separuh pemilih luar negeri di 98 negara, yang berjumlah 2.058.191 orang. [HES]

RM Video