Hasil Investigasi Segera Diumumkan

Sebelum Hari Pencoblosan, KPU Jamin Masalah Di Malaysia Kelar

Klik untuk perbesar
Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi. (Foto: Istimewa).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kasus surat suara tercoblos di Malaysia masih belum menemui titik terang. Namun KPU memastikan, sebelum 17 April atau hari pencoblosan, masalah ini bisa kelar.

Kemarin, perwakilan komisioner KPU kembali terbang ke Malaysia. KPU akan kembali melakukan investigasi setelah sebelumnya sempat mengalami kendala.

Berita Terkait : KPU Imbau Sudahi Saling Klaim Kemenangan


“Tadi pagi (kemarin) komisioner KPU berangkat ke Malaysia lagi, mendalami beberapa hal untuk kita pastikan. Mudah-mudahan besok (hari ini) bisa kita sampaikan hasilnya,” kata Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi di Plaza, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (14/4).

Pramono optimistis, kasus tersebut bakal segera terungkap. “Sebelum 17 April, selesai,” tegasnya.

Berita Terkait : Soal Surat Suara Tercoblos, Polisi Malaysia Rese

Pramono mengakui, KPU awalnya memang mengalami kendala untuk mengakses langsung surat suara tercoblos ini. Karena peristiwa itu terjadi di luar KBRI atau KJRI.


Meski demikian, KPU tetap yakin investigasi bisa rampung sebelum 17 April 2019. Karena menurut Pramono, ada pemisahan antara persoalan hukum dan persoalan kepemiluan. Sehingga penyelidikan yang dilakukan kepolisian Malaysia tak menganggu investigasi KPU.

Baca Juga : Muddai Madang Makin Mantap Calonkan Diri Jadi Ketum KONI

“Kita akan pastikan beberapa hal, soal jumlah, soal kesalahan ada di mana. Sehingga kita betul-betul bisa mengambil jalan keluar berdasarkan data dan fakta lebih akurat,” jelas Pramono.

Sementara itu, Polisi Diraja Malaysia (PDRM) dikabarkan hari ini akan membuat kesimpulan dari investigasi yang dilakukan. Hal ini disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. [MHS]

RM Video