Antusiasme WNI Nyoblos Di Belgia dan Luksemburg

Klik untuk perbesar
Seorang WNI Eufrasia Erika Vanesa Putri (kanan) seusai melakukan pencoblosan di TPS Luar Negeri (TPLSN) yang ada di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Brussels di Tervuren, Belgia, Sabtu (13/4). (Foto: Dok. Pribadi).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Pemilihan Umum (Pemilu) yang digelar di Eropa juga disambut antusias oleh para Warga Negara Indonesia (WNI) yang bermukim di benua biru itu. Di Belgia dan Luksemburg, antusiasme ditunjukkan 1.755 WNI yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk nyoblos.

Dari jumlah itu, 489 orang di antaranya, kebanyakan yang tinggal di Luksemburg, telah menyampaikan suaranya melalui pos. Sisanya, berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPLSN) yang ada di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Brussels di Tervuren, Tervurenlaan 294, 1150 Sint-Pieters-Woluwe pada Sabtu (13/4) lalu. 

Berita Terkait : Awas, Melarang Nyoblos Bisa Dibui Dua Tahun


Di KBRI Brussels itu, ada tiga TPS sesuai dengan wilayah bermukim WNI, yakni Brussels, Wallonie dan Flanders serta daerah sekitarnya. Seorang WNI, Eufrasia Erika Vanesa Putri, menyebut dirinya sangat antusias dengan Pemilu kali ini.

“Ini Pemilu paling seru, kayanya yang paling menentukan nasib bangsa. Rugi kalau sampai nggak milih. Kita, WNI di sini, menitipkan asa terhadap pemimpin pilihan kita,” ujar Erika kepada RMCO, Senin (15/4). Pemilu kali ini lebih semarak karena bertepatan dengan liburan Paskah. 

Baca Juga : Para Diaspora Indonesia Diharap Genjot SDM Kita

Tapi, Erika yang bekerja di sana tak dapat jatah libur. Dia baru bisa berangkat menuju TPSLN setengah jam sebelum ditutup, pukul 18.00 waktu setempat. Panitia Pemilihan Umum Luar Negeri (PPLN) Brussels disebut Erika sangat profesional. 


“Aku sampai lari-lari. Nggak mau kehilangan hak suara. Mana sempat salah alamat pula. Sampai sana pas jam 18.00, panitianya nungguin. Mereka sangat profesional. Sangat menyenangkan,” tuturnya. Apalagi, selesai mencoblos, para warga Indonesia di sana berkesempatan menyantap sajian kudapan dan masakan tradisional Indonesia yang disediakan dalam stand-stand khusus. Mulai dari tempe siomay, empek-empek, sate, dan lain-lain. Sedikit mengobati kerinduan pada tanah air, kata Erika. 

Baca Juga : Honda BeAT Street Punya Baju Baru

Di TPLSN itu juga, Duta Besar Indonesia di Brussel Yuri Thamrin memberikan suaranya pada pukul 11 pagi di TPS 3. Istrinya, Sandra Thamrin memberikan suara di TPS 1. Sementara Wakil Kepala Perwakilan dan Ibu Monamaria di TPS 2 dan diikuti staf KBRI lainnya.

Para WNI di Belgia dan Luksemburg diundang untuk menyaksikan penghitungan suara di KBRI Tervuren 294 pada 17 April mendatang. Kemudian, tanggal 20 April, mereka kembali diundang untuk menyaksikan rekapitulasi hasil pemungutan suara. Para WNI ini diperbolehkan untuk mendokumentasikan penghitungan suara secara live atau langsung di media sosial. [OKT]

RM Video