Biar Suasana Adem Lagi

Jokowi-Prabowo Perlu Naik Kuda Bareng Lagi

Klik untuk perbesar
Suasana debat Capres Kelima yang diadakan di Hotel Sultan, Sabtu (13/4). (Foto: Ng. Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Tensi politik yang tinggi perlu segera diredakan. Presiden terpilih punya tugas untuk membikin suasana kembali adem. Jokowi dan Prabowo perlu naik kuda bareng lagi.

Saran ini disampaikan Rohaniwan-budayawan, Franz Magnis Suseno dalam diskusi, di Jakarta, Senin (15/4). Dia berharap, elite politik memberikan contoh hilangkan ketegangan yang sedang terjadi.

Berita Terkait : Jaga Amal Baik Bukan Nama Baik

“Presiden terpilih perlu menciptakan suasana di mana kita semua, baik pendukung ‘satu’ atau ‘dua’, mau duduk bersama sambil minum kopi, dan saling meminta maaf. Mungkin karena terlalu kasar atau terbawa emosi saat masa-masa kampanye,” tutur Franz.

Menurutnya, selama kampanye bergulir, ada banyak perkataan yang menyinggung. Baik oleh simpatisan maupun tim pendukung. Misalnya, mereka yang memanggil kubu lain dengan sebutan-sebutan yang tak baginya pantas.

Baca Juga : AP I Siap Gelar Simulasi Operasional Bandara Internasional Yogyakarta


“Kalau kubu-kubu politik disebut sebagai partai Allah dan partai Setan, maka rasanya tidak mungkin mereka dapat menerima perbedaan satu sama lain,” kata pria yang akrab disapa Romo Magnis ini.

Lahirnya kubu-kubu politik, lanjut dia, sejatinya tidak perlu membahayakan atau membawa risiko perpecahan. Masyarakat Indonesia dinilai telah mampu menempatkan diri serta tidak mudah terpicu pertikaian hanya karena perbedaan pendapat.

Baca Juga : TKN Siap Bikin Syukuran Kemenangan Melawan Hoaks

“Masyarakat pasti bisa membawa diri dan tidak pernah berakhir pada pertikaian yang menjatuhkan korban,” kata dia. Bila perlu, habis nyoblos upaya mendinginkan tensi perlu dilakukan.

Upaya itu bisa dimulai dari kedua capres yang bertarung. “Kalau perlu Pak Jokowi dan Pak Prabowo naik kuda lagi. Ini kan sangat bagus dilihat dan akan mencairkan suasana yang sudah tegang sejak awal,” ucapnya.
 Selanjutnya 

RM Video