Tunggu Hasil Resmi KPU

Wiranto Larang Pawai Kemenangan

Klik untuk perbesar
Menko Polhukam Wiranto (tengah). (Foto: Twitter@Wiranto).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kedua kubu pasangan calon diminta untuk tidak menggelar pawai kemenangan. Perayaan kemenangan sebelum hasil resmi keluar, dianggap melanggar ketertiban.

Sejumlah lembaga survei dipastikan bakal menggelar quick qount pada hari pencoblosan. Rencananya, sekitar jam 3 sore, hasil hitung cepat bakal keluar.

Menko Polhukam Wiranto menegaskan, paska pencoblosan tidak ada yang diperbolehkan gelar pawai kemenangan. Meskipun saat itu, hasil hitung cepat lembaga survei sudah keluar.

Berita Terkait : Entaskan Kemiskinan, Kementan Hadirkan Program Bekerja di Probolinggo

“Ini jangan dilakukan karena akan membuat sesuatu menjadi ricuh,” kata Wiranto kepada wartawan usai rapat koordinasi di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (15/4).

Menurutnya, mobilisasi massa usai pencoblosan melanggar Undang-Undang menyatakan pendapat di muka umum. Aparat kepolisian telah tegas mengatakan bahwa mobilisasi massa dalam rangka pawai kemenangan.


“Catat, sebelum pengumuman resmi diumumkan maka akan tidak diizinkan, karena nyata-nyata itu melanggar Undang-Undang menyatakan pendapat di muka umum, Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998,” tegas eks Panglima ABRI ini.

Berita Terkait : Ringankan Korban Gempa Bumi di Banten, Mensos Sumbang Bahan Bangunan

Kalau mau, lanjut Wiranto, perayaan kemenangan cukup dilakukan dalam bentuk syukuran. Bisa di rumah sendiri atau komplek tempat tinggal.

“Kalau syukuran kemenangan di rumah masing-masing boleh tentunya ya, syukuran kemenangan di rumah tetangganya hadir boleh,” ucap Wiranto.

Tak hanya itu, Wiranto berharap proses pencoblosan berjalan aman, lancar dan sukses. Terutama soal jaminan keamanan para pemilih ketika berangkat dari rumah sampai ke TPS.

Berita Terkait : Batal Tantang Pacman, Khan Pilih Pensiun

“Jangan sampai ada masyarakat yang tidak bisa menyalurkan hak pilihnya. Tidak mungkin tanpa kemanan pemilu bisa berjalan lancar. Saya berharap tahapan ini harus berlangsung dengan baik,” kata Wiranto.
 Selanjutnya 

RM Video