Puluhan Ribu WNI Salurkan Suara di Wilker KJRI Kota Kinabalu

Klik untuk perbesar
Situasi pemugutan suara WNI di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia. (Foto: Istimewa).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 87.227 warga negara Indonesia (WNI) yang menyalurkan hak suaranya pada pemilihan presiden, wakil presiden dan anggota legislatif DPR RI di wilayah kerja Konsulat Jenderal RI Kota Kinabalu Negeri Sabah Malaysia.


Berdasarkan data yang diperoleh dari Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kota Kinabalu pada Selasa (16/4) jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 140.878 orang sedangkan menggunakan hak pilihnya 87.227 orang pada 26 tempat pemilihan suara (TPS) dan kotak suara keliling (KSK) di perladangan dan perkebunan.

Baca Juga : Pertamina Pimpin Penyerahan 2.500 Paket Makanan Siap Saji bagi Korban Banjir Konawe

Disampaikan Ketua PPLN Kota Kinabalu, Cahyono Rustam, Selasa (16/4) bahwa pemungutan suara pada 26 TPS di wilker KJRI Kota Kinabalu jumlah DPT 11.287 orang dan menggunakan hak pilihnya sebanyak 3.409 orang.


Sedangkan pemungutan suara pada 433 KSK dengan DPT sebanyak 129.457 orang dimana menggunakan hak suaranya sebanyak 83.818 orang pada tujuh distrik yakni Sandakan-Kinabatangan, Kudat, Keningau, Beaufort, Sipitang dan Labuan, Kundasang, Bandar KK 1 dan Bandar KK 2. Kalau dipersentasekan, pemilih di KSK sekira 64,7 persen dan TPS sekira 30,2 persen, jelas Cahyono. 

Baca Juga : Muhadjir Pelototin Praktik Jual-Beli Bangku Sekolah

Secara terpisah, Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu, Krishna Djelani mengapresiasi kinerja penyelenggara pemilu yakni PPLN dan Panwaslu di wilayah kerjanya yang bekerja secara maksimal sehingga partisipasi pemilu 2019 meningkat. Pada pilpres dan pileg 2019, pemungutan suara dilakukan secara masif dimana tempat-tempat pemungutan suara hingga perladangan dan perkebunan atau pertanian.


Sementara pada pemilu sebelumnya, jumlah partisipasi WNI yang menggunakan hak pilihnya kurang dari 50 persen. Namun memang, sistem pemungutan suara hanya pada titik-titik tertentu saja. [SRI]

RM Video