PSI dan PDIP Dominasi Pileg 2019 di Budapest

72 Persen WNI di Hongaria Pilih Jokowi-Maruf

Klik untuk perbesar
Suasana penghitungan suara Pemilu 2019 di PPLN Budapest, Hongaria, Kamis (18/4). (Foto: KBRI Budapest)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Paslon 01 Jokowi-Ma’ruf memimpin dengan perolehan suara 227, dari total suara 317 di PPLN Budapest. Ini berarti, sebanyak 72% masyarakat Indonesia di Hongaria memilih Jokowi-Ma’ruf. Hal ini sudah dapat diprediksi sebelumnya, mengingat giatnya relawan Jokowi-Ma’ruf melakukan berbagai pendekatan kepada diaspora Indonesia di Hongaria.

Yang sedikit mengejutkan adalah unggulnya partai baru Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dalam Pemilu 2019 di Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Budapest. PSI unggul berdampingan dengan PDI-P dan PKS.

Berita Terkait : Kesenian Indonesia Meriahkan Museum Night 2019 di Budapest


Unggulnya PSI di Hongaria, kemungkinan disebabkan oleh iklan layanan masyarakat di sosial media yang interaktif, dan berhasil menarik perhatian pemuda-pemudi Indonesia yang saat ini berkuliah di luar negeri.

"Iklan-iklan PSI melalui platform media sosial seperti Instagram sangat menarik perhatian kaum muda. Isinya kocak dan mengena," ujar Ketua Komisi Ekonomi Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI), Hadied Safarayuza dalam keterangan resmi yang diterima RMCO, Kamis (18/4).  

Berita Terkait : Situng KPU Capai 83,80 Persen, Jokowi Semakin Tak Terkejar

Hadied menambahkan, kehadiran kaum muda diharapkan mampu membawa perubahan positif pada wajah Dewan Perwakilan Rakyat kita.


Duta Besar RI untuk Hongaria,  AH Dimas Wahab dalam kesempatan ini kembali menyampaikan, siapa pun yang memenangi Pemilu harus dapat diterima dengan lapang dada.

Berita Terkait : Data Masuk 73,13 Persen, Jokowi-Maruf Menang Selisih 13,95 Juta Suara

Dubes Dimas juga menegaskan, Unity in Diversity adalah nilai yang harus selalu dipegang teguh oleh semua WNI, yang ada di Hongaria dan di dunia.

Proses penghitungan suara di PPLN Budapest sendiri dimulai pada 17 April 2019 pukul 09.00 waktu setempat (14.00 WIB) dan selesai pada kira-kira pukul 16.30 waktu setempat (21.30 WIB). Proses penghitungan berjalan tertib, lancar, disertai gelak tawa di antara kedua pendukung paslon. [HES].

RM Video