Hasil Pemilu di Taiwan: Jokowi Raih 86,4 Persen, Prabowo 13,6 Persen

Klik untuk perbesar
Jokowi dan Prabowo dalam Debat Capres Jilid IV (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Penghitungan suara Pemilu 2019 di Taiwan sudah selesai. Hasilnya, Capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf unggul telak atas Capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi. 

Ketua Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Taiwan Fadlillah Ahdiyat, seperti dikutip Antara, menjelaskan, Jokowi-Ma'ruf meraih 72.726 suara dari total 86.208 pemilih. Sedangkan Prabowo-Sandi hanya meraih 11.412. Ada pun 2.070 dinyatakan tidak sah.

Berita Terkait : Jokowi dan Prabowo Berjarak Hampir 16 Juta


Artinya, Jokowi-Ma'ruf mampu meraih 86,4 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi cuma 13,6 persen.

Ahdiat mengemukakan, pelaksanaan Pemilu di Taiwan berlansung lancar. Pemungutan suara dilakukan pada 14 April 2019. Pemungutan suara ini ditinjau Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar, khususnya pada wilayah sekitar Taipei, yakni di KDEI Taipei, Masjid Agung Taipei, dan Stasiun Taipei.

Berita Terkait : Situng KPU Capai 83,80 Persen, Jokowi Semakin Tak Terkejar

Ada pun penghitungan surat suara dilakukan secara terbuka di Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia, di Taipei (KDEI Taipei) Rabu (17/4).


Fritz Edward mengapresiasi keseluruhan proses pelaksanaan Pemilu 2019 di Taiwan yang berjalan kondusif. Walaupun ada beberapa kendala terkait panjangnya antrean daftar pemilih khusus (DPK), pada akhirnya yang mengantre dapat terlayani sesuai dengan aturan yang berlaku.

Berita Terkait : Prabowo Kalah Sebelum Perang

Pemilu di Taiwan kali ini dihadiri juga Tim Satgas Asistensi dan Monitoring Luar Negeri yang dipimpin Kombes Pol Djoko Prihadi. Djoko memang bertugas untuk mengamankan dan mengawal persiapan, pelaksanaan, dan penghitungan surat suara Pemilu 2019. [USU]

RM Video