RMco.id  Rakyat Merdeka - PKS sudah menerbitkan 3 surat keputusan (SK) atau rekomendasi untuk 3 calon kepala daerah di Sumatera Barat (Sumbar). Tiga wilayah itu adalah Kota Bukittinggi, Kabupaten Tanah Datar, dan Kabupaten Agam. 

“Pilkada kabupaten dan kota sudah ada SK dari DPP PKS antara lain Bukittinggi, Tanah Datar, dan Kabupaten Agam,” kata Ketua PKS Sumbar Irsyad Syafar, kemarin. 

Berita Terkait : Dapat Rekomendasi Pilbup Bandung, Sayogi Malah Mikir

Irsyad mengatakan, balon kepala daerah yang sudah mengantongi SK dari DPP PKS adalah paslon Wali Kota-Wakil Wali Kota Bukittinggi Erman SafarMarpendi. Kemudian, di Pilbup Tanah Datar, PKS mencalonkan paslon Zuldafri Darma-Sultani. Sedangkan, Pilbup Agam, PKS menjagokan Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria. “Untuk daerah lainnya segera menyusul. Semua daerah sudah mengerucut,” ujarnya. 

Irsyad menyebutkan, PKS Sumbar menargetkan dapat memenangkan pilkada di 8 daerah dari 13 daerah menggelar pilkada di Sumbar. “Target diamanahkan DPP memenangkan 60 persen pilkada, sekitar 8 pilkada, baik dalam status mendukung maupun mengusung. Mudah-mudahan bisa kita usahakan,” harapnya. 

Berita Terkait : Tunjuk Ahmad Basir, Nasdem Usung Kader di Pilkada Balikpapan

Berbeda dengan PKS, Partai Nasdem Sumbar saat ini masih melakukan survei internal terhadap bakal calon akan diusung. Panitia Penjaringan Partai Nasdem Sumbar Endarmy mengatakan, melalui survei internal, baru akan diketahui kandidat diusung benar-benar terbaik. “Survei internal partai sedang jalan. Insya Allah dalam waktu dekat, mana terbaik itu akan diusung Nasdem,” kata Endarmy. 

Untuk kandidat maju Pilgub Sumbar 2020, lanjut Endarmy, berdasarkan perolehan kursi di DPRD provinsi, Nasdem hanya mungkin mengusung wakil gubernur saja. Karena, Nasdem hanya memiliki 3 kursi di DPRD Provinsi Sumbar. “Untuk kader Nasdem maju Pil gub Sumbar, contoh Fauzi Bahar dan kader terbaik lain. Nas dem hanya bisa untuk calon wakil gubernur,” bebernya. 

Berita Terkait : Tawarkan Koalisi Jalan Pikirin, Faldo Berusaha Dapat Dukungan

Soal pilkada kabupaten dan kota di Sumbar masih sama, Nasdem tengah melakukan survei internal. Jika ada putra-putri terbaik Sumbar, itu akan dilirik. “Kalau kader tidak maju, berarti kita mencari putra-putri terbaik dan berkoalisi dengan partai lain,” paparnya. 

Untuk Pilkada Pesisir Selatan, kata Endarmy, Nasdem memastikan petahana Hendra Joni akan maju. Hendra Joni telah mendapat tiket dari partai sebagai calon bupati. [EDY]