RMco.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengajak seluruh partai politik, pasangan calon kepala daerah (cakada), tim sukses serta simpatisan menggelorakan dan melaksanakan Gerakan Pilkada Sehat 2020.

“Mari kita gelorakan dan laksanakan Gerakan Pilkada Sehat 2020 dengan menjalankan setiap tahapan pilkada dengan mematuhi protokol kesehatan Covid 19,” kata Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar di Jakarta, kemarin.

Berita Terkait : Partai Gelora Banyak Dilirik Pasangan Calon Di Pilkada

Kemendagri berterima kasih kepada partai, pasangan cakada dan tim sukses yang telah menaati protokol kesehatan. Yakni pada saat tahapan penetapan pasangan calon dan diumumkan di setiap KPU pada Rabu (23/9).

Dia berharap, tahapan pilkada selanjutnya seluruh calon kepala daerah, parpol dan tim sukses tetap konsisten dengan protokol kesehatan Covid-19.

Berita Terkait : PSS Sleman Vs Persik Kediri Jadi Partai Pembuka Lanjutan Liga 1 2020

“Jika dilakukan, Pilkada 2020 akan berlangsung dengan sukses dan kesehatan masyarakat tetap terjaga. Calon pemimpin daerah harus jadi contoh teladan bagi warga masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” tuturnya.

Sementara, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) meminta kerja sama semua pihak dalam penerapan protokol kesehatan di Pilkada 2020.

Berita Terkait : 5 Ormas Dukung Pasangan Pradi-Afifah Di Pilkada Depok

Penerapan protokol kesehatan penting agar pilkada tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Ketentuan larangan kerumunan sudah tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2020.

Masyarakat diminta mengimplementasikan peraturan itu. “Peraturan KPU itu hasil harmonisasi antara DPR, KPU, Bawaslu dan pemerintah. Itu bagian dari adaptasi dan usaha kita mengatur agar tak banyak acara kerukunan atau jumpa fisik,” kata Komisioner Bawaslu Mochammad Afifuddin, kemarin.
 Selanjutnya