RMco.id  Rakyat Merdeka - Pemberdayaan ekonomi berbasis kampung menjadi salah satu program unggulan yang diusung pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi-Armuji.

Menurut Eri, program ini akan berjalan dengan menggerakkan UMKM di tiap-tiap kampung di Surabaya. Apalagi Pemkot Surabaya telah memiliki berbagai program untuk memberdayakan UMKM. 

Baca Juga : Hanya Orang Gila Yang Tak Percaya Corona Ada

Di antaranya, program Surabaya Smart City (SSC) yang menjangkau hingga lebih dari 500 kampung di Surabaya, dengan beragam potensi UMKM di dalamnya. "Program ini berhasil melahirkan berbagai produk unggulan. Sebab, kampung yang smart harus bisa memberdayakan masyarakatnya dengan melahirkan produk kreatif unggulan," kata Eri, Senin (28/9).

Dalam pemberdayaan ekonomi, sambung paslon nomor urut satu itu, setiap produk rintisan UMKM akan didukung oleh Pemkot Surabaya. Dukungan diberikan baik dari sisi permodalan, proses produksi, hingga pemasaran baik lokal maupun pasar ekspor. 

Baca Juga : RUU Cipta Kerja Semoga Tidak Ciptakan Petaka

Bahkan dari sisi pemasaran, Pemkot Surabaya sudah bekerja sama dengan sejumlah hotel. "Kami wajibkan setiap hotel menggunakan produk UMKM dari Surabaya. Itu akan terus saya pertahankan dan perluas ke depannya," ujar mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Pahlawan itu. 

Dia menegaskan program unggulannya ini akan dilakukan secara berkelanjutan. "Saat kami nanti terpilih, Pemkot akan selalu hadir bersama UMKM," jelasnya. [UMM]