Dukung Bisnis Startup

Agung Podomoro Land Luncurin SOHO Pancoran

Klik untuk perbesar

RMco.id  Rakyat Merdeka - Pertumbuhan bisnis perusahaan rintisan berbasis teknologi (startup) di Indonesia makin cepat. Pesatnya perkembangan bisnis startup dengan jumlah karyawan kurang dari 20 orang, tentu membutuhkan berbagai fasilitas pendukung.

Salah satunya adalah lokasi kantor dan juga hunian bagi para pelaku usahanya. PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) melihat fenomena ini sebagai tantangan baru bagi sektor properti.

Perusahaan berusaha menjawab fenomena tersebut dengan menawarkan properti baru berkonsep SOHO (Small Office, Home Office) yang terdiri atas 2 wing eksklusif di lokasi strategis koridor Pancoran, Jakarta Selatan.

General Manager Sales and Marketing SOHO Pancoran, Herlina Tamblin, memandang di kawasan Pancoran dan sekitarnya dianggap lokasi yang tepat menjadi kantor bagi puluhan bisnis startup.

“Lebih dari 50 startup berada di kawasan Slipi, Jakarta Barat, sehingga kawasan ini kerap disebut Slipicon Valley, yang merujuk ke kawasan Silicon Valley di Amerika. Begitu juga dengan daerah pancoran dan sekitarnya yang menjadi kantor puluhan bisnis start up,” ujar Herlina.

SOHO Pancoran menawarkan unit properti yang bisa dimanfaatkan sebagai hunian, kantor, atau keduanya. Konsepnya menyerupai ruko (rumah toko) yang bernaung dalam bangunan vertikal.

Baca Juga : Inggris Vs Bulgaria, Three Lions Harus Lebih Buas

“Berbeda dengan ruko, SOHO tampil lebih elegan dan profesional. Bahkan kelengkapan fasilitas melebihi gedung perkantoran konvensional,” ungkap Herlina.

Lebih lanjut Herlina menjelaskan, dari sisi konsep, SOHO Pancoran merupakan konsep Small Office Home Office yang sangat diminati di negara maju.

Menurut Herlina, kebutuhan hunian vertikal yang juga sekaligus sebagai lokasi bekerja di daerah Jakarta Selatan masih tinggi.

Hal tersebut terbukti dengan sambutan positif dari pasar, yakni dengan total penjualan SOHO Pancoran yang telah mencapai 80 persen.

“Mayoritas pembeli yakni end-user dan akan difungsikan sebagai kantor,” ungkap Herlina.

Proyek mixed-use SOHO Pancoran berdiri di lahan seluas 7.700 m2 yang terdiri dari 2 tower, yakni Splendor Wing dengan tinggi 30 lantai dan Noble Wing setinggi 20 lantai.

Baca Juga : Antisipasi Demo di Sekitar Gedung DPR, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Setiap unit yang ada di kedua tower tersebut memiliki luas 96 m2 sampai 132 m2. Total unit yang disediakan untuk kedua wing ini adalah 346 unit, dengan Splendor Wing sejumlah 238 unit dan Noble Wing sejumlah 108 unit.

Sejumlah fasilitas penunjang yang lengkap, mulai dari fasilitas lifestyle dan food and beverage (F&B) tersedia untuk memenuhi kebutuhan penghuni.

Selain itu ada juga fasilitas supermarket, kolam renang, gym, sky lobby, sky terrace, sistem keamanan 24 jam, ATM centre, dan meeting/function room.

“Untuk saat ini yang sudah buka adalah food court di lantai LGM, yaitu Kampoeng Kuliner yang dioperasikan oleh Eat & Eat nantinya akan segera dibuka Bakmi GM, Es Teller 77, Imperial Table dan supermarket. Tenant lain yang sudah buka yaitu Bank Mandiri dan juga Avia Tour,” kata Herlina.

SOHO juga menawarkan efisiensi bagi para pelaku usaha saat ini adalah bebas biaya overtime. Status kepemilikan yang didapatkan di SOHO tentu memengaruhi kebebasan biaya servis tambahan yang biasanya hadir saat menyewa unit di gedung perkantoran atau ruang kerja di co-working space.

“Pemilik unit tidak perlu membayar biaya tambahan, seperti biaya listrik saat waktu jam kerja melebihi waktu. Karena, biaya listrik dan air dikontrol masing-masing oleh pemilik unit, bukan manajemen gedung,” terang Herlina.

Baca Juga : Aplikasi E-murojaah Cetak Penghafal Al Qur’an Milenial

SOHO Pancoran tidak hanya diminati oleh perusahaan startup, terbukti dengan banyak perusahaan jasa yang memiliki kantor di SOHO Pancoran, seperti perusahaan IT, lawyer, notaris, akuntan publik, konsultan pajak, konsultan Arsitek dan Interior bahkan ada beberapa perusahaan yang menjadikan SOHO Pancoran sebagai head office nya.

“Hal ini sangat memungkinkan di SOHO Pancoran, customer yang ingin memiliki kantor yang lebih besar dapat menggabungkan beberapa unit SOHO hingga mencapai luasan 500 m2,” ujar Herlina.

SOHO Pancoran lanjut dia akan mengisi kebutuhan ruang tempat tinggal baik untuk penghuni end user maupun mereka yang membutuhkan ruang kerja untuk melakukan aktivitas bisnis di sekitar Jakarta.

“Lokasi yang strategis dekat dengan kawasan bisnis Kuningan, Sudirman, dan Gatot Soebroto, serta biaya operasional yang lebih murah, menjadikan SOHO Pancoran pilihan kantor ataupun tempat tinggal yang tepat,” tutup Herlina. [JAR]

RM Video