Bangun Tempat Uji Coba Mobil, Toyota Investasi Rp 5,5 Miliar

Klik untuk perbesar
Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata (ketiga kiri) bersama Wakil Presiden Direktur Henry Tanoto (ketiga kanan) dan jajaran direksi Anton Jimmi Suwandy (kedua kiri), Darmawan Widjaja (kanan), Kazunori Minamide (kedua kanan) dan Keijiro Inada (kiri) pada peresmian Toyota Driving Experience (TDE) di Kawasan Sunter II Jakarta Utara, Jumat (29/3).

RMco.id  Rakyat Merdeka - PT Toyota Astra Motor (TAM), kemarin, meresmikan fasilitas Toyota Driving Experience (TDE) buat pelanggan yang ingin melakukan test drive sebelum membeli produk perseroan. Investasi yang dikucurkan mencapai Rp 5,5 miliar.

Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto mengatakan, jumlah investasi itu untuk pembangunan fasilitas test drive. Namun, investasi itu di luar mobil. “Ini untuk bangunannya dan jalurnya,” ujarnya saat peresmian TDE di Kantor Pusat TAM, Sunter, Jakarta, kemarin.

Memiliki luas hampir sekitar 10 ribu meter persegi (m2), TDE dirancang agar pelanggan bisa mendapatkan pengalaman mengemudi dalam berbagai situasi. Fasilitas ini memiliki area-area tertentu yang didukung trek-trek khusus agar pelanggan bisa optimal merasakan berbagai kelebihan dari mobil Toyota yang dikendarai dalam berbagai kondisi dan medan jalan.

Berita Terkait : Ini Para Pemenang Toyota Dream Car Art Contest


“Fasiliatas ini hanya untuk produk Toyota,” katanya.

Presiden Direktur TAM Yoshihiro Nakata berharap keberadaan TDE makin mendongkrak penjualan mobil-mobil Toyota. Sebab, pelanggan bisa mencobanya terlebih dahulu produknya. Kehadiran fasilitas ini juga bentuk komitmen perseroan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

“Kami tidak hanya menyediakan produk yang terbaik tetapi juga mendukung pelanggan dalam proses kepemilikan mobil melalui pengalaman terbaik,” tukasnya.

Berita Terkait : Penjualan Mei Meroket, Mobil Toyota Ini Paling Banyak Diburu

Direktur Penjualan TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, selain area untuk menguji comfort dan handling mobil, TDE juga dilengkapi area untuk menguji speed dan semi off-road. Untuk area comfort, trek yang disediakan adalah smooth asphalt agar pelanggan mengetahui stabilitas dan kebisingan mobil, slope hill untuk mengetes torsi awal mobil, speed bump untuk pergerakan bodi mobil dan suspensinya.


Untuk area handling, trek yang disediakan adalah U-Turn guna mengetahui kemampuan kemudi pengendalian mobil saat berputar. Sementara, pada area speed, trek yang disediakan adalah acceleration agar pelanggan mengetahui respon mesin mobil saat dipacu pada kecepatan tertentu, dan trek Breaking guna mengetahui ekeftifitas pengereman.

Sedangkan untuk area semi offroad, trek yang disediakan adalah flooding untuk mengetahui kemampuan mobil saat melintasi jalan dalam kondisi banjir dan pot hole guna mengetahui kemampuan dan ketangguhan mobil.

Berita Terkait : Servis Konsumen, Toyota Bikin 316 Posko Mudik

“Keberadaan fasilitas ini akan meningkatkan aktivitas test drive Toyota sebagai daya tarik tersendiri dalam proses penjualan sebuah produk bagi pelanggan dan untuk mempercepat pembelian pelanggan,” katanya.

TDE dibangun dan dikembangkan TAM sejak 2018 lalu dan mulai dioperasikan secara internal pada pertengahan Desember 2018. Setelah resmi dioperasikan untuk khalayak umum, TDE hadir melayani pelanggan pada Selasa hingga Sabtu mulai pukul 10.00 WIB–18.00 WIB dan Minggu pada pukul 10.00 WIB–16.00 WIB. [DIT]

RM Video