Gandeng Kemenag, XL Digitalisasi Madrasah Aliyah

Klik untuk perbesar
Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini dan Direktur Kurikulum Sarana dan Prasarana Kelembagaan dan Kesiswaan Kemenag A. Umar meluncurkan program Madrasah Aliyah 4.0. (Foto: Selular)

RMco.id  Rakyat Merdeka - PT XL Axiata Tbk menggandeng Kementerian Agama (Kemenag) kembangkan pendidikan berbasis digital di Madrasah Aliyah. 400 Madrasah Aliyah dilibatkan.

Program Madrasah Aliyah 4.0 diluncurkan secara simbolis oleh Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini dan Direktur Kurikulum Sarana dan Prasarana Kelembagaan dan Kesiswaan Kemenag A. Umar di XL Axiata Tower, Jakarta, kemarin.

Berita Terkait : Kemenhub Siap Laksanakan Mudik Asyik dan Lancar


Dian mengatakan, kerja sama ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Khususnya pendidikan berbasis digital. Melalui program ini, XL akan memberikan pelatihan pengembangan soft skills dan pemanfaatan teknologi digital kepada para siswa Madrasah Aliyah.

“Kerja sama ini sekaligus dapat membantu program Kementerian Agama dalam mewujudkan visi Madrasah Goes Digital sebagai persiapan era revolusi Industri 4.0,” katanya.

Berita Terkait : Ingat Sari Di Deli

XL juga memberikan bantuan akses internet cepat secara bertahap ke 400 Madrasah Aliyah. Bantuan berupa perangkat router dan kuota sebesar 20GB per bulan selama satu tahun kepada setiap Madrasah Aliyah. 


Selain itu, juga diselenggarakan program pelatihan berbasis digital bagi siswa antara lain Madrasah 4.0 Ramadan Boot Camp dan Vlog Competition Madrasah Aliyah. Karyawan XL Axiata juga akan ikut terlibat sebagai pengajar untuk sejumlah materi di dalam program pelatihan ini.

Berita Terkait : 1,4 Juta Siswa Madrasah Siap Ikut UAMBN

"Untuk Vlog Competition Madrasah Aliyah terbuka bagi Madrasah Aliyah secara nasional. Managemen XL Axiata akan menjadi panelis,” pungkasnya. 

A. Umar menyambut baik program XL tersebut. Sebab, selama ini Madrasah Aliyah sering dicap tidak modern. Padahal dalam ujian nasional berbasis komputer, madrasah menempati urutan terbaik di Indonesia. [DIT]

RM Video