1.200 WNI Hadiri HBH di KBRI Bangkok

Klik untuk perbesar
Suasana salat Idul Fitri di Gedung Olah Raga KBRI Bangkok, Thailand. (Foto KBRI)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Sekitar 1.200 berbondong-bondong memasuki Kedutaan Besar RepubIik Indonesia (KBRI) Bangkok, Thailand, sejak pukul enam pagi guna melaksanakan salat Idul Fitri di Gedung Olah Raga (Sport Hall) KBRI Bangkok, hari ini. Mengawali salat,  jamaah mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid sebagai tanda menyambut hari kemenangan setelah satu bulan melaksanakan ibadah puasa.

Tampak di antara jamaah adalah Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand  Ahmad Rusdi dan istri, Anita dan keluarga. Masyarakat Indonesia yang hadir, tidak saja Warga Indonesia yang berdomisili di Bangkok dan sekitarnya, tetapi juga banyak yang sedang melakukan perjalanan wisata di Bangkok. 

Berita Terkait : Rayakan Idul Adha, WNI Padati KBRI Bangkok

Bertindak sebagai Imam adalah Prof Mustari, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, sedangkan sebagai Khatib adalah Ustadz Taufid Hidayat Nazar, Lc., M.H, Da’I Ambassador Thailand dari Dompet Dhuafa.


Dalam khutbahnya yang berjudul “Istiqomah dalam Ketaatan”, disampaikan, amalan seorang hamba seusai dengan ibadah puasa selama Ramadan adalah istiqomah, yaitu suatu amalan yang menghendaki konsistensi, bahkan peningkatan dalam ketaatan kepada Allah Ta’ala. Khotib menyinggung tiga hal yang harus dilakukan untuk merawat istiqomah ini yaitu iman yang mantap diiringi dengan amal baik, ilmu, wawasan serta pengetahuan yang menuntun untuk mengenal Yang Maha Pencipta.

Berita Terkait : Paduan Suara Di KBRI Vatikan Nyanyi Selamat Hari Lebaran

Usai salat Id, masyarakat Indonesia berbondong-bondong menuju Wisma Duta untuk menghadiri acara halal bihalal. Acara tersebut tidak hanya dihadiri masyarakat Indonesia yang beragama Islam, namun juga dari pemeluk agama lain, dan beberapa kelompok masyarakat asing yang merupakan friends of Indonesia.

Suasana hangat dan penuh persahabatan sangat terasa pada acara open house tersebut, di mana warga masyarakat Indonesia saling bersilaturahmi, bermaaf-maafan dan temu kangen. Suasana Hari Raya kian terasa dengan disajikannya kuliner raya khas tanah air seperti ketupat, gulai, opor, dan rendang serta sate.

Berita Terkait : Dubes Portugal Nikmati Lengangnya Jakarta di Hari Lebaran

Dalam keterangan pers KBRI Bangkok kepada RMCo.id Duta Besar Ahmad Rusdi mengatakan, suasana hangat dan hidangan Lebaran ini merupakan penawar rindu warga Indonesia yang sedang berada jauh dari tanah air dan sanak saudara, serta momen yang sangat tepat untuk memperkuat kembali rasa persaudaraan dan persatuan setelah usainya pelaksanaan Pemilu pada bulan April lalu. [MEL]