Lebaran Di Karachi, WNI Jalin Ukhuwah Islamiyah

Klik untuk perbesar

RMco.id  Rakyat Merdeka - Warga negara Indonesia di Pakistan merayakan Lebaran 2019 atau Hari Raya Idul Fitri 1440 H di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Karachi dengan berkumpul dan bersilaturahmi. Dalam keterangan tertulis dari KJRI Karachi kepada RMCO.id,  sebanyak 130 WNI berkumpul bersama di KJRI Karachi yang dimulai dengan melaksanakan salat Id bersama pada Rabu (5/7).

WNI tersebut terdiri dari seluruh staf KJRI Karachi dan keluarga, para pelajar/mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan agama di Universitas Islam Binoria Karachi, dan para WNI yang bersuamikan warga Pakistan bersama keluarga mereka.

Berita Terkait : Happy Bisa Lebaran Di Rumah


Pelaksanaan shalat Id dipimpin khatib yang merupakan salah seorang mahasiswa di Universitas Islam Binoria Karachi. Dalam khutbahnya, khatib yang merupakan salah seorang mahasiswa di Universitas Islam Binoria Karachi menjelaskan, Ramadan di samping menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan derajat iman dan takwa, juga dimaksudkan agar terjadi keseimbangan dalam kehidupan umat Muslim, yaitu hablum minallah dan hablum minannas untuk mendapatkan kebahagiaan hakiki, baik di dunia dan di akhirat. Ditegaskan juga agar para hadirin untuk senantiasa memelihara kesucian diri usai Ramadan dengan terus melakukan perbaikan amal karena Islam memerintahkan manusia untuk selalu menjadi lebih baik dari hari ke hari. Hari ini lebih baik dari kemarin, dan esok lebih baik dari hari ini.

Selesai salat, Konjen RI Karachi Totok Prianamto, dan isteri bersama seluruh masyarakat Indonesia yang hadir melakukan acara halal bihalal yang diawali dengan saling memaafkan antara seluruh masyarakat Indonesia di Provinsi Sindh dan dilanjutkan dengan acara open house di Wisma Indonesia KJRI Karachi dengan seluruh masyarakat Indonesia beserta keluarga mereka.

Berita Terkait : Dubes Jepang Jaga Porsi Makan Demi Kesehatan

Dalam sambutannya, Totok menyampaikan, tujuan penyelenggaraan halal bihalal untuk meningkatkan kebersamaan, menjalin ukhuwah Islamiyah dan melebur semua salah dan khilaf yang pernah ada sehingga hubungan antara masyarakat Indonesia di Karachi bisa terjalin lebih erat lagi.


Disampaikan juga bahwa halal bihalal menjadi momen yang tepat untuk saling bersilaturahmi dan saling memaafkan. Selain menjadi ajang silaturahmi, halal bihalal juga sebagai wahana pembinaan masyarakat Indonesia di Provinsi Sindh. [MEL]