Setelah 70 Tahun Bersama, Hubungan RI - AS Makin Lengket Aja

Klik untuk perbesar
Dubes AS untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr (kiri) dalam diskusi terbuka yang dipandu Presiden Jakarta Foreign Correspondents Club (JFCC) Edward Davies di Ayana Hotel Mid Plaza, Jakarta, Rabu (12/6). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Sejak dijalinnya kerja sama diplomatik antara Indonesia-Amerika Serikat (AS) pada 28 Desember 1949, hubungan kedua negara terus berkembang dan saling mendukung. Di tahun ke-70 tahun hubungan bilateral Washington-Jakarta, Duta Besar (Dubes) AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr. menyampaikan komitmen negaranya, untuk memperdalam kerja sama bilateral dan menambah sektor strategic partnership.

Dalam diskusi terbuka yang diadakan Jakarta Foreign Correspondents Club (JFCC) di Ayana Hotel Mid Plaza, Jakarta, Rabu (12/6), Dubes Donovan menyampaikan pandangan dan harapan untuk hubungan kedua negara ke depannya.

"Di tengah situasi global yang tidak menentu, hubungan Amerika Serikat dengan Indonesia tetap kuat," ujarnya.

Berbagai pujian untuk Indonesia disampaikan sang diplomat senior dalam diskusi yang dipandu Presiden JFCC Edward Davies itu. Mulai dari upaya efektif Indonesia mengatasi terorisme, keberagaman masyarakat yang hidup di dalamnya, hingga berlimpahnya potensi manusia dan alam yang dimiliki Indonesia.

Baca Juga : Rusuh Papua, Bamsoet Minta TNI/Polri Jaga Freeport dan Tempat Strategis Lain


"Ini adalah waktu yang tepat untuk membawa kerja sama ini ke tingkat yang lebih tinggi lagi," tegasnya.

Bentuk keseriusan AS ingin meningkatkan kerja sama bilateral, ungkap Donovan, antara lain dengan adanya serangkaian kegiatan khusus yang dilaksanakan sepanjang tahun ini. Dubes Donovan dan timnya mengadakan sejumlah kegiatan, yang mendorong hubungan kedua negara makin akrab dan lengket lagi. Mulai dari program perlindungan laut dan perikanan di timur Indonesia, hingga program pelatihan pemuda AS-Indonesia.

Sebelumnya, Kedutaan Besar AS di Jakarta sudah meluncurkan platform digital IndonesiaUSA70th: indonesiausa70th.com. Lewat tampilan visual interaktif, platform ini memungkinkan para pengunjung untuk menjelajahi hubungan yang luas dan dalam antara AS dan Indonesia.

Kapal induk USS Blue Ridge milik AS juga berkunjung ke Tanah Air, untuk memperingati hari jadi hubungan bilateral serta memupuk kekompakan dengan tim Angkatan Laut Indonesia. Di mata Indonesia, memasuki 70 tahun hubungan bilateral ini bisa menjadi momen merayakan keberagaman yang dimiliki kedua negara.

Baca Juga : Bisnis Digital Marketing Diramal Makin Moncer

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berharap, di usia kerja sama yang matang ini, kedua negara bisa sama-sama tumbuh makmur bersama. "Yang ingin kita lihat dari hubungan kedua negara ini adalah hubungan yang saling menghormati dan menguntungkan tidak saja bermanfaat bagi kedua negara. Tapi juga menguntungkan bagi kawasan dan dunia," terang Menlu Retno, beberapa waktu lalu.


Bagi Indonesia, AS adalah mitra dagang ke-4 terbesar dan mitra investasi ke-6 terbesar Indonesia. “Sebagai negara penduduk Muslim terbesar, negara demokrasi terbesar ketiga dan salah satu dari negara G20, tentunya Indonesia punya peran strategis dalam kerja sama global dan hubungan dengan AS,” lanjut Retno.

Kesamaan Kepentingan

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir menyebut, hubungan AS-Indonesia sebagai rekanan yang setara. Hal yang sama juga disebut Dubes Donovan mengenai hubungan AS-Indonesia. Dia mengatakan, kemitraan kedua negara dibangun berlandaskan pada kesamaan nilai-nilai demokrasi dan kepentingan bersama.

Baca Juga : Lima Bandara Angkasa Pura II Siap Sambut 233 Penerbangan Haji dari Arab Saudi

Di bidang pendidikan misalnya, kedua negara berbagi keahlian, serta berinovasi untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Selain itu, banyak sekali hal yang telah dilakukan kedua negara untuk mempererat hubungan. Antara lain dengan membuat program pelestarian laut dan makhluk hidup di dalamnya, program pertukaran budaya dan pelajar, saling mempromosikan kedua negara, membuat upaya perlindungan dari terorisme, dan pemberdayaan perempuan.

"Setiap tahun, hubungan RI dan AS makin baik. Kita menyelesaikan isu terorisme, mendukung pemberdayaan perempuan, dan lainnya. Kami mendukung Indonesia untuk terus berkembang,” pungkas Donovan. [DAY]


 

RM Video