Mursi Dimakamkan Hari Ini di Kota Nasr, Kairo

Klik untuk perbesar
Mendiang mantan Presiden Mesir Muhammad Mursi (Foto: AP)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Mantan Presiden Mesir Mohammed Mursi telah dimakamkan bersama tokoh senior Ikhwanul Muslimin di Kairo. Hal ini diungkapkan putranya, Ahmed Mursi, dalam akun Facebooknya, Selasa (18/6).

Ahmed mengungkapkan, pemakaman di Kota Nasr, Kairo yang dihadiri sejumlah anggota keluarga itu dilakukan, setelah pihak berwenang menolak pemakaman Mursi di kampung halamannya yang terletak di delta Sungai Nil, Provinsi Sharqiya.

Baca Juga : Lantik Dua Pejabat IPDN, Kemendagri Ingatkan Inovasi dan Responsif

"Kami memandikan jasad sucinya dan menyalatkannya di RS Penjara Tora...pemakaman dilakukan sesuai arahan spiritual Ikhwanul Muslimin," tulis Ahmed.

Pihak berwenang dan medis mengatakan, Mursi tutup usia dalam usia 67 tahun akibat serangan jantung yang menyebabkannya kolaps di Pengadilan Kairo atas dakwaan spionase.

Baca Juga : Bupati Maluku Tenggara Sabet Anugerah Kihajar 2019

Mursi yang merupakan sosok penting dalam organisasi Ikhwanul Muslimin yang sekarang dilarang, telah dipenjara sejak digulingkan oleh militer pada 2013. Kala itu, pemerintahan Mursi yang baru berusia hampir setahun berkuasa, banyak dihujani protes massa.

Kematiannya, kemungkinan akan menambah tekanan internasional terhadap pemerintah Mesir, atas catatan pelanggaran hak asasi manusia (HAM). Terutama, kondisi di penjara-penjara, di mana ribuan aktivis Islam dan sekuler ditahan. [HES]

Baca Juga : Mendagri dan Mendes Bahas Optimalisasi Dana Desa