Duta Besar India Untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat

Promosikan Yoga Bareng Kemenpar

Klik untuk perbesar
Nia Niscaya (kiri) dan Dubes Pradeep Kumar Rawat mengumumkan jadwal event yoga bersama di lima kota di Indonesia akhir pekan ini. (Foto Dok Kemenpar).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Bertepatan dengan Hari Yoga Internasional pada 22 Juni nanti, Kedutaan Besar India di Jakarta bersama Kementerian Parawisata Indonesia mengadakan even yoga di lima kota besar di Indonesia. Bali, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Makassar.

“Ini merupakan even merayakan penyelengaraan Hari Internasional Yoga ke-5 (5th International Day of Yoga). Puncaknya akan diselenggarakan di Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta,” terang Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat saat mengadakan konferensi pers di Kedutaan Besar India, Jakarta, Senin (17/6) lalu.

Dubes Pradeep menjelaskan, yoga merupakan olah tubuh yang sangat bermanfaat. Berbagai postur yoga, terangnya, menunjukkan hubungan dekat manusia dengan alam. “Dalam yoga, kalau anda mempraktikkannya, ada beberapa postur yang dicontoh dari ular kobra, unta, bunga teratai, juga pohon palem,” paparnya.

Berita Terkait : Gerai Produk Indonesia Pamer 150 Barang Favorit Warga Korea Utara

Berbagai postur tersebut, lanjut Dubes Pradeep, menunjukkan bahwa segala sesuatu di alam yang dianugerahkan Tuhan, bisa dipelajari oleh manusia. Dia menuturkan, yoga adalah sistem pengetahuan yang berasal dari berbagai hal di sekitar manusia.


“Ada sesuatu dalam setiap hal yang dapat kita pelajari. Tidak ada makhluk di alam semesta ini yang diciptakan tanpa tujuan. Bukan hanya manusia. Tapi hewan dan tumbuhan juga punya tujuan di dunia. Tugas kita, menemukan tujuan itu dan belajar darinya,” papar Dubes Pradeep.

Dengan menjaga hubungan dekat dengan alam melalui yoga, manusia akan merasakan keselarasan antara pikiran dan tubuh. Yang kemudian mengantarkannya pada kesehatan dan kesejahteraan.

Berita Terkait : Alun-Alun Indonesia GI Jadi Tempat Kopi Darat Para Perajut

Pemerintah India mempromosikan yoga sebagai gerakan massal secara global melalui Hari Yoga Internasional yang diperingati setiap 22 Juni. Sesuai resolusi yang disetujui 193 negara peserta Sidang Majelis Umum PBB pada 11 Desember 2014.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata Indonesia Nia Niscaya menjelaskan, even yoga yang diadakan di lima kota besar Indonesja bertujuan untuk menarik wisatawan mancanegara.

“Bali paling digemari masyarakat India untuk melakukan aktivitas yoga. Juga di Kompleks Candi Prambanan Yogyakarta paling disukai untuk festival yoga,” tutur Nia Niscaya. [DAY]

RM Video