Jokowi Bintang G20

Klik untuk perbesar
Diapit Erdogan-Macron, Presiden Jokowi dikasih permen dari Trump di acara KTT G20 Jepang.

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kabar putusan MK yang memenangkan Jokowi rupanya sampai juga ke telinga para kepala negara yang mengikuti KTT G20 di Osaka, Jepang. Kabar tersebut menjadikan Jokowi sebagai bintang di pertemuan “para gajah” tersebut. 

Saat acara dibuka, kemarin pagi, sejumlah kepala negara langsung mengucapkan selamat kepada Jokowi. Di sela-sela acara, Presiden AS, Donald Trump, juga terlihat mengobrol santai dengan Jokowi. 

Trump memberi Jokowi permen juga memberi tanda jempol. Awalnya, banyak pengamat memprediksi, KTT G20 ini akan jadi pertemuan yang paling panas dan alot semenjak pertama kali digelar di Berlin, Jerman tahun 1999. 

Namun, prediksi itu tak terlihat dalam acara pembukaan. Di hari pertama, para pemimpin negara ekonomi besar ini memamerkan wajah manis dan bersahabat di depan kamera. Tak ada ketegangan. Yang terasa justru keakraban. Donald Trump, dan Presiden China, Xi Jinping, yang negaranya sedang terlibat perang dagang, memamerkan keakraban dengan bersalaman dan wajah tersenyum. 

Berita Terkait : SBY Ketemu Jokowi, Demokrat Kian Dekat Ke Istana

Selain Trump dan Jinping, sorotan kamera juga tertuju kepada Jokowi yang baru saja memenangkan pilpres. Di sela-sela acara, para kepala negara ini memberikan ucapan selamat kepada Jokowi. Di hari pertama KTT, ada beberapa agenda yang digelar. 

Yang paling utama adalah acara penyambutan resmi oleh PM Jepang Shinzo Abe (official welcome) dan foto bareng-bareng. Untuk foto-foto ini, teknisnya, satu per satu kepala negara dipanggil. Mereka kemudian berjalan di karpet merah menuju panggung. 

Sebelum dipanggil, para kepala negara menunggu di ruang Leaders’ Area. Jokowi bersama Donald Trump; Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Mohammad bin Salman; PM Kanada, Justin Trudeau; PM Australia, Scott Morrison; dan PM Belanda, Mark Rutte, ikutan menunggu. 

Saat menunggu itu, Jokowi dan para kepala negara ngobrol hangat. Di tengah perbincangan, Trump mengeluarkan sekotak permen dan membagikannya. Termasuk kepada Jokowi. Jokowi menerimanya dan langsung mengulumnya. 

Berita Terkait : Jokowi Di Antara Banyak Pilihan

Sebelum dipanggil, Jokowi dan Trump sempat berfoto bersama. Dalam foto itu, Trump mengacungkan jari jempol kanannya dan Jokowi berpose sambil tersenyum. 

Jokowi turut mengunggah momen itu di akun Twitter miliknya, kemarin. “Obrolan sejenak bersama para pemimpin negara G20 di ruang Leaders’ Area, gedung INTEX Osaka, Jepang, sambil menantikan sesi official welcome dan family photo. Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbagi permen kepada yang lain,” tulis Jokowi. 

Usai foto bersama, beberapa pemimpin negara lain menghampiri Jokowi untuk bersalaman dan mengobrol sejenak. Rupanya para kepala negara ini memberikan ucapan selamat kepada Jokowi atas terpilihnya kembali sebagai presiden. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Protokol Negara Andri Hadi yang mendampingi dan berada dekat dengan Jokowi. Kata dia, hampir semua kepala negara yang bertemu Jokowi menyampaikan ucapan selamat. “Congratulation... congratulation...,” ucap Andri Hadi, menirukan ucapan para kepala negara ketika bertemu Jo kowi. 

Berita Terkait : PSI Siap Kawal Ketat Jokowi Sampai Pelantikan

Menurut Andri, ucapan tersebut disampaikan dalam berbagai kesempatan di sela perhelatan KTT G20. Seperti pada saat menunggu official welcome dan family photo, maupun ketika para kepala negara akan memulai Leader’s Side Event. Mereka yang memberikan selamat itu antara lain Donald Trump, Shinzo Abe, Mohammad bin Salman, Justin Trudeau, Scott Morrison, Mark Rutte, Recep Tayyip Erdogan (Presiden Turki), Emmanuel Macron (Presiden Prancis), Giuseppe Conte (PM Italia), Theresa May (PM Inggris), Narendra Modi (PM India ), dan Pedrosan Chez (Presiden Spanyol).Selain itu, Christine Lagarde (Direktur Pelaksana IMF) dan Antonio Guterres (Sekjen PBB), juga turut memberikan selamat. [BCG]