Pameran Dagang Intra Afrika 2018 Berakhir

Paviliun Indonesia Raup Transaksi Rp 1,673 T

Klik untuk perbesar
Dubes Helmy Fauzy memberikan sambutan dalam pembukaan Paviliun Indonesia [Foto KBRI Mesir]

RMco.id  Rakyat Merdeka - Perhelatan Pameran Dagang Intra Afrika (Intra Africa Trade Fair/IATF) 2018 di Cairo, Mesir, resmi ditutup. Upaya Kedutaan Besar Republik Indonesia Cairo yang memfasilitasi kehadiran pebisnis asal Nusantara dengan mendirikan Paviliun Indonesia tidak sia-sia.

Transaksi dagang berhasil diraih dengan total 115,4 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,673 triliun (1 dolar AS= Rp 14.500).  Duta Besar Indonesia untuk Mesir Helmy Fauzy senang dengan capaian tersebut.

Berita Terkait : Perang Dagang AS-China Bawa Berkah Bagi Indonesia


"Potensi transaksi yang berhasil diraih semakin membuktikan bahwa arahan Presiden Joko Widodo agar kita melihat Pasar Afrika sudah tepat,” ujar Dubes Helmy di KBRI Cairo, Garden City, Cairo, Selasa lalu (18/12). 

IATF berlangsung pada 11-17 Desember. Acara itu pertama kali digelar Afrieximbank dan Uni Afrika. Peresmian dilakukan Perdana Menteri Mesir Mustafa Kamal Madbouly. 

Berita Terkait : Ekspor Otomotif Indonesia Cetak Rekor Baru

Tercatat tiga perusahaan pelat merah dan 12 perusahaan swasta dan lembaga keuanga Eximbank meramaikan Paviliun Indonesia. Para perusahaan ini merupakan penghasil ataupun eksportir sejumlah produk dan komoditas utama seperti kopi, kelapa sawit, rempah, pupuk, pelumas kendaraan hingga kapal karet berteknologi tinggi.


Badan Usaha Milik Negara yang berpartisipasi yakni PTPN III Holding (Persero), PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, dan PT Pertamina Lubricants. Sedangkan 12 perusahaan swasta yang memamerkan produk dan jasa yaitu PT AK Goldenesia, PT Tunas Utama Cipta, PT Pura Barutama, PT Iqra Visindo Teknologi, PT Dahlia Kusuma Utama, PT Megumi Shigen Indonesia, Mensa Group Indonesia, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, PT Mayora Indah Tbk, PT Danora Agro Prima, dan PT Talaza Global Savana.

Baca Juga : Presiden Pelawak

Dubes Helmy berterima kasih atas kerja keras jajaran KBRI Cairo dan kerja sama yang diberikan para pebisnis yang berpartisipasi dalam IATF 2018. Dubes Helmy berharap upaya penetrasi produk Indonesia ke Pasar Afrika semakin gencar dilakukan.[MEL]

 

RM Video