Japan Self-Defense Forces Day

Jaga Stabilitas Kawasan, Dubes Ishii Tegaskan Pentingnya Upaya Mempererat Hubungan Pertahanan

Klik untuk perbesar
Dubes Jepang untuk RI, Masafumi Ishii beserta Madam Sayoko Ishii, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Perhubungan  Budi Karya Sumadi, Wakil Dekan Fakultas Teknologi Pertahanan Universitas Pertahanan BG TNI Deni Dadang Ahmad, Atase Pertahanan Kedutaan Besar Jepang Takahiro Yamashita beserta stri Hiroko Yamashita dalam sesi foto bersama di acara Resepsi Japan Self-Defense Forces Day di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis (11/7) malam. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii menegaskan pentingnya menjaga dan mempererat hubungan pertahanan demi stabilitas di kawasan. Hal ini disampaikan Dubes Ishii dalam resepsi Japan Self-Defense Forces Day di Hotel Kempinski Indonesia, Kamis (11/7) malam.

Di hadapan perwakilan atase pertahanan negara sahabat dan perwakilan pejabat Indonesia, Dubes Ishii menyampaikan kedekatan hubungan pasukan bela diri Jepang (SDF) dengan rekannya di Indonesia.

"Di saat Indonesia dilanda bencana, pasukan SDF bergerak mendistribusikan bantuan dan mengevakuasi warga," ujar sang Dubes.

Baca Juga : Bukalapak Dorong Ekonomi Digital Di Tangerang Selatan


"Kita juga harus meningkatkan peran penting perdamaian dan stabilitas di kawasan ini, dan juga secara global. Sehingga, perlu didukung oleh negara-negara, termasuk Indonesia," sambungnya.

Masafumi optimis, hubungan Indonesia dan Jepang akan semakin solid. Terlebih, hubungan kedua negara sudah menginjak usia 61 tahun.

"Hubungan Indonesia dan Jepang tumbuh subur secara intensif. Indonesia selalu menjadi salah satu mitra kami, terutama di sektor pendidikan perdagangan dan investasi," jelas Ishii.

Baca Juga : Korsel Vs Jepang, Dendam Masa Lalu Makan Korban

Kerja sama pertahanan antara Indonesia dengan Jepang, lanjut Masafumi, sudah terjalin dengan baik. Buktinya, kedua negara saling bertukar perwira terbaiknya untuk memperkuat kerja sama pertahanan.


"Kita perlu menyatukan sumber daya kita. Kita perlu waktu untuk bergabung dengan kapal-kapal Jepang yang datang ke Indonesia, yang berlangsung tahun ini. Kita perlu titik kontak," terangnya.

Sementara itu, perwakilan Indonesia yang hadir dalam acara tersebut, Brigjen Dadang Ahmad yakin hubungan antara Indonesia dengan Jepang akan lebih baik lagi. Mengingat tantangan global yang semakin berat. "Kami mengucapkan selamat kepada Jepang atas pasukan pertahanan yang kuat. Serta pelayanan publik yang semakin maju, dari generasi ke generasi," jelas Dadang.

Baca Juga : Taiwan Berani Kangkangi China

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Ishii menyebut hubungan Jepang-Indonesia didasari kedekatan dari hati ke hati. Hubungan kedua negara dinilai saling melengkapi dan menguntungkan satu sama lain.

"Hubungan kami merupakan hubungan yang saling melengkapi satu sama lain, juga tentu saja saling menguntungkan. Hubungan ini merupakan hubungan dari hati ke hati," tandas Dubes Ishii.


Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh, di antaranya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. [DAY]

RM Video