Duta Besar Indonesia Untuk Ethiopia Al Busyra Basnur

Semangat Kemerdekaan, Warga Lokal Ikut Lomba 17-an

Klik untuk perbesar
Dubes Al Busyra Basnur (kelima kiri belakang) berpose bersama tim voli pemuda Ethiopia di lomba HUT RI di KBRI Addis Ababa, Minggu (14/7). (Foto : KBRI Addis Ababa).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Meski belum 17 Agustus, semangat merayakan kemerdekaan Indonesia sudah dirasakan di Kedutaan Besar Indonesia di Addis Ababa, Ethiopia.

Pimpinan dan tokoh organisasi pemuda Ethiopia berkumpul di KBRI Addis Ababa untuk ikutan rangkaian lomba peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia, Minggu (14/7).

Dalam keterangan persnya, para pemuda dan tokoh Ethiopia itu tergabung dalam Organisasi Pemuda Ethiopia di antaranya Youth 2 Youth, Safe Life dan Trash to Cash. Mereka mengikuti perlombaan khas Indonesia saat peringatan hari kemerdekaan.

Berita Terkait : Dubes Al Busyra Basnur Bagi-bagi Tips Masuk Pasar Ekonomi Ethiopia

Mereka bertanding dengan tim Indonesia dalam pertandingan persahabatan bola voli, memasukkan pensil ke dalam botol, membawa kelereng, jalan balon dan makan kerupuk.


Sebelum pertandingan, puluhan pemuda Ethiopia ikut senam bersama dengan masyarakat Indonesia, menari Maumere dan Poco-poco.

“Kami senang sekali dilibatkan dalam kegiatan HUT RI karena melalui pertandingan persahabatan ini kami bisa berkenalan dengan pejabat, staf dan masyarakat Indonesia di Ethiopia,” ujar CEO Safe Light, Sileshi.

Berita Terkait : Masyarakat Indonesia di Ethiopia Gelar Shalat Gaib Untuk BJ Habibie

“Kami juga tidak mengira Indonesia merayakan ulang tahun kemerdekaan dengan acara yang ramai dan meriah. Kecuali olahraga bola voli, semua cabang pertandingan dan perlombaan yang diselenggarakan, baru bagi kami. Kami belum pernah mengenalnya,” imbuhnya.

Duta Besar Indonesia untuk Ethiopia Al Busyra Basnur menyaksikan rangkaian lomba dan bertindak sebagai juri. “Kita mengundang dan melibatkan sebanyak mungkin tokoh pemuda Ethiopia dalam berbagai kegiatan di KBRI Addis Ababa, karena ini bagian dari diplomasi publik dan upaya meningkatkan hubungan antara masyarakat Indonesia dan Ethiopia,” jelas Dubes Al Busyra Basnur.

Sepanjang hari, tim KBRI Addis Ababa berhadapan dengan tim pemuda Ethiopia. Gelak tawa terdengar selama pertandingan berlangsung. Sebagai penyemangat dan bentuk persahabatan, pihak KBRI Addis Ababa memberi penghargaan tim pemuda Ethiopia sebagai tim paling kompak dan penuh semangat.

Berita Terkait : Dubes Al Busyra Basnur Hadiri Perayaan Tahun Baru Ethiopia di Addis Ababa


Acara diakhiri dengan makan bersama, menikmati menu buatan kru KBRI seperti sate ayam, mie goreng, nasi goreng, bakwan dan rendang. [DAY]