HUT Kemerdekaaan RI

Main Oper Tepung dan Joget Balon Meriahkan Pesta Rakyat Stockholm

Klik untuk perbesar
Peserta berpakaian hitam jadi putih-putih saat main oper tepung. (Foto KBRI Stockholm)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Pesta Rakyat memeriahkan perayaan Kemerdekaan RI di Stockholm, Swedia pada Sabtu (17/8/2019). Di antaranya Tari Piring, Tari Ondel-Ondel, Tari Topeng Kipas Betawi, dan Tari Nandak Ganjen oleh Bagus Föreningen (Swedish Indonesia Bagus Organization), Tari Kuda Lumping oleh Ibu Juju Ekberg, dan Tari Saman oleh rekan-rekan pelajar yang tergabung dalam PPI Swedia.

Keceriaan makin memuncak ketika dilakukan perlombaan-perlombaan gembira bagi anak-anak dan dewasa. Salah satunya adalah lomba oper tepung bagi dewasa. Tiap tim yang terdiri dari lima orang mengoper tepung ke rekan satu tim di belakangnya hanya dengan tangan. Ada juga lomba joget balok yang bikin heboh. Riuh rendah suporter dan para penonton, semakin menambah keriaan suasana.

Berita Terkait : HUT RI Madrid Istimewa dengan Kehadiran DPRD Sulsel


Tidak hanya pertunjukkan di panggung gembira, masyarakat yang datang juga dimanjakan dengan bazaar penjualan makanan khas Indonesia. Dapat ditemukan berbagai makanan, seperti sate ayam, bakso, bakmi, hingga gorengan, panada, dan jajanan pasar. Banyak juga masyarakat yang hadir mengenakan pakaian tradisional daerah di Indonesia. Seperti pasangan Fajar dan Laurina yang mengenakan busana khas Betawi. "Kapan lagi bisa jadi Abang-None untuk satu hari," ujar Laurina.

Berikut videonya :

Berita Terkait : Syukuran dan Bazaar Jadi Penawar Rindu Tanah Air

Total tercatat lebih dari 300 WNI yang menghadiri kegiatan Pesta Rakyat tersebut. Peringatan HUT RI tahun ini dirasakan cukup spesial, karena tahun ini, tanggal 17 Agustus jatuh pada hari Sabtu, sehingga kegiatan upacara dan Pesta Rakyat dilangsungkan sekaligus di satu hari. Antusiasme para WNI tercermin dari tumpah ruahnya kehadiran di hari itu. [MEL]